Cara Mengakses Pelatihan Kelautan dan Perikanan Online KKP

Pertanianku — Sejak pandemi Covid-19, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) menyelenggarakan berbagai macam pelatihan online di bidang kelautan dan perikanan.

pelatihan online
foto: pixabay

Pelatihan tersebut merupakan salah satu upaya KKP untuk meningkatkan jumlah pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di bidang kelautan dan perikanan di tengah pandemi Covid-19. Pandemi yang sedang terjadi sudah menciptakan dampak yang besar di seluruh sektor kehidupan, termasuk sektor perekonomian.

Banyak orang yang kehilangan pekerjaan karena PHK. Melalui pelatihan ini, KKP ingin memberdayakan mereka yang kehilangan pekerjaan dengan mengelola usaha perikanan yang masih sangat berpotensial.

Loading...

Selain itu, Indonesia merupakan negara yang sangat kaya, apalagi untuk biota laut dan perairan lainnya. Seluruh sumber daya alam tersebut dapat menjadi modal yang baik jika dikembangkan lebih lanjut, didiversifikasikan menjadi produk makanan atau produk lainnya yang bernilai jual. Dengan begitu, bisa menjadi peluang usaha bagi masyarakat.

KKP melalui BRSDM menggelar pelatihan online untuk semua kalangan masyarakat, mulai dari ibu rumah tangga hingga pekerja kantoran. Anda bisa mengikuti pelatihan tersebut dengan mengakses laman ejaring.kkp.go.id.

Platform e-Jaring sendiri sudah diluncurkan beberapa waktu lalu oleh KKP sebagai wadah pelatihan untuk masyarakat.

Berbagai pelatihan, mulai dari budidaya, penangkapan, pengolahan dan pemasaran, hingga pertambakan garam bisa diikuti oleh masyarakat secara gratis. KKP sudah menggelar beberapa kali pelatihan online seputar dunia kelautan dan perikanan, seperti olahan produk makanan dari ikan tuna, pembuatan es krim rumput laut, pembuatan hakau, pelatihan pembuatan pempek ikan, dan masih banyak lagi.

Anda bisa membuka laman pendaftaran tersebut dengan mengisi data-data yang diperlukan. Setelah sukses mendaftar, Anda bisa melihat daftar pelatihan yang akan dilaksanakan dan sudah dilaksanakan dengan mengklik tulisan e-Jaring yang terletak di kiri atas pada tampilan dashboard. Cari pelatihan yang masih bisa diikuti dengan simbol panah ke kanan.

Baca Juga:  Penyebab Gatal Setelah Makan Ikan Laut

Ada beberapa pelatihan yang disertakan video yang akan dilakukan pada tanggal tertentu. Peserta diminta untuk membaca beberapa modul dan mengikuti kuis yang sudah dibahas dalam modul tersebut terlebih dahulu. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan wawasan peserta.

 

Loading...
Loading...