Cara Mengamati Kesehatan Sapi

Pertanianku — Kesehatan sapi yang dipelihara harus selalu diperhatikan, karena hanya sapi yang sehat saja yang laku di pasaran. Menjaga kesehatan sapi dapat dilakukan dengan rutin memberikan pakan dan minum, memandikan sapi, dan memantau setiap perkembangan tubuh sapi. Mengamati kesehatan sapi dapat dilakukan dengan berbagai cara berikut.

mengamati kesehatan sapi
foto: pertanianku

Meraba tubuh sapi

Salah satu cara mengamati kesehatan sapi yang paling umum adalah dengan meraba tubuh sapi. Sapi yang sehat akan terasa mulus dan kulitnya kencang. Sapi yang memiliki kulit kendor, kusam, dan kasar bisa jadi terindikasi sedang mengalami gangguan kesehatan. Dengan meraba, peternak juga dapat merasakan langsung suhu tubuhnya. Sapi yang sehat bersuhu tubuh normal.

Loading...

Meraba juga dapat mendeteksi bagian tubuh lain, seperti mendeteksi luka, benjolan, serta penyakit kulit seperti bulu yang lepas, kasar, atau terkelupas.

Menepuk-nepuk tubuh sapi

Menepuk-nepuk tubuh sapi dilakukan pada rongga perut. Kelainan akan terdeteksi dari bunyi yang dihasilkan saat perut ditepuk-tepuk. Bila tepukan berbunyi buk-buk seperti berisi angin atau udara, dapat dipastikan sapi mengalami kembung.

Selain menepuk, Anda juga dapat melihat kondisi sapi. Jika sapi buncit di bagian kiri perut, berarti sapi sedang kembung. Sapi yang mengalami kembung harus segera diatasi. Jika tidak, dapat menimbulkan kematian.

Sementara, untuk mengetahui kelainan pada pernapasan dapat menggunakan alat bantu seperti stetoskop. Alat tersebut ditempelkan di sekitaran rongga dada dan sesekali dipindahkan. Anda dapat mendengarkan suara jantung dan ritme pernapasan sapi. Jika ritme pernapasan terdengar berat atau asing, mungkin saja terjadi gangguan di paru-parunya.

Mengamati organ sapi

Organ yang harus selalu diamati adalah mata, mulut, hidung, saluran kencing, anus, dan kaki. Sapi yang terkena penyakit, biasanya akan memiliki mata merah, mulut mengeluarkan banyak lendir, hidung mengeluarkan ingus, kelamin sulit mengeluarkan urine, anus mengeluarkan kotoran yang tidak wajar (mencret), serta kaki yang bengkak karena ada luka.

Baca Juga:  Parasit Domba yang Merugikan

Memerhatikan tingkah laku sapi

Sapi yang sedang sakit biasanya akan memiliki tingkah laku yang aneh. Oleh karena itu, mengamati kesehatan sapi juga harus dilakukan dengan melihat gerak-gerik sapi yang tidak wajar, seperti gelisah, menggosok-gosokkan bagian tubuhnya, berbaring terus, tidak mau makan, dan bernapas berat.

Loading...
Loading...