Cara Mengangkat Kelinci Yang Benar

Pertanianku – Dalam memelihara kelinci, sering kali kelinci harus dipindahkan dari kandang satu ke kandang lainnya, misalnya saat kelinci akan dikawinkan. Mengangkat kelinci harus dilakukan dengan baik. Perlakuan yang salah bisa menimbulkan hal-hal yang merugikan, seperti cacat permanen dan rusaknya peredaran darah.

Cara Mengangkat Kelinci Yang Benar

Sebagian besar orang mengangkat kelinci dengan memegang kedua telinganya. Memang cara ini paling mudah, tapi sebenarnya keliru. Telinga kelinci sangat sensitif dan tidak kuat menahan bobot tubuhnya sendiri. Jika cara ini tetap dilakukan, otot dan saraf telinga akan rusak. Kerusakan akan lebih parah lagi jika kelinci yang diangkat meronta-ronta. Posisi kepala akan menjadi miring sehingga kelinci akan cacat seumur hidupnya.

Loading...

Untuk mengangkat kelinci besar, pegang kulit tengkuk atau punggung dengan salah satu tangan. Begitu terangkat, tangan yang satu digunakan untuk mendukung bagian pantat. Kegiatan tersebut harus dilakukan dengan tenang dan penuh kasih sayang. Sementara untuk kelinci yang masih kecil, proses pengangkatan dapat dimulai dengan memegang bagian sebelah depan kaki belakang melalui punggung. Proses selanjutnya sama seperti pada kelinci dewasa.

 

Sumber: Buku Kelinci Potong

Baca Juga:  Pakan yang Disukai Burung Cucakrawa
Loading...
Loading...