Cara Mengatasi Ayam Ngorok dengan Metode Tradisional


Pertanianku — Penyakit ngorok atau CRD (Chcronic Respiratory Disease) dikenal juga sebagai flunya ayam, dimana sistem pernapasan ayam terganggu sehingga menimbulkan suara saat si ayam bernapas. Lantas, bagaimana cara mengatasi ayam ngorok? Apakah bisa ditangani dengan cara tradisional?

mengatasi ayam ngorok
Foto: Pixabay

Ada beberapa obat yang sudah dicoba dan diyakini bisa menyembuhkan ayam yang terserang penyakit CRD. Apa saja itu? Berikut ini ulasannya.

  1. Bawang putih

Obat tradisional satu ini sudah banyak dikenal karena kemampuannya dalam meredakan masalah pernapasan yang diderita oleh ayam. Cara penggunaannya, parutlah bawang putih lalu ambil sarinya dan campurkan dengan sedikit air hangat. Setelah itu, minumkan pada ayam yang sakit. Lakukan 2 kali sehari, pagi, dan sore hari.

  1. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh atau yang sering disebut belimbing sayur ternyata juga dipercaya untuk mengobati ayam ngorok. Caranya, ayam yang sakit dikorok terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat sampai benar—benar bersih.

Lalu ambil 1 buah belimbing wuluh yang sudah ditekan-tekan sedikit dan langsung berikan pada si ayam. Berikan satu kali sehari, setiap pagi hari saja dan diulang sebanyak 2—3 hari atau sampai si ayam sembuh.

  1. Buah mengkudu

Cara penggunaannya, ambil buah mengkudu yang sudah matang, kemudian dibersihkan dan diiris seukuran jari, lalu berikan irisan buah pada ayam. Pemberian buah mengkudu ini cukup satu kali sehari saja, bisa di pagi atau sore hari. Saat akan diberi buah mengkudu, sebaiknya ayam jangan diberi makan dulu.

  1. Daun sirih

Daun sirih adalah salah satu obat tradisional yang paling familiar di kalangan pencinta ayam, yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit ayam ngorok. Caranya, ambil dan rebus 3—7 helai daun sirih, lebih bagus lagi menggunakan daun sirih merah.

Baca Juga:  Cara Memelihara Kelinci Pedaging Agar Cepat Besar

Rebus dengan satu gelas air bersih, kemudian air rebusan daun sirih disaring dan dicampur dengan air perasan dari satu buah jeruk nipis. Kemudian, berikan pada ayam yang sakit 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore hari.

  1. Jeruk nipis

Gunakanlah jeruk nipis yang ditambahkan dengan kecap manis. Cobalah resep tradisional ini pada ayam. Caranya, peras jeruk nipis, ambil air perasannya sebanyak satu sendok teh, lalu tambahkan kecap manis secukupnya dan bisa langsung minumkan pada ayam.

loading...
loading...