Cara Mengatasi Bintik Putih pada Lele

    Pertanianku — Penyakit merupakan hambatan yang bisa terjadi kapan saja, apalagi jika lele tidak dipelihara dengan benar. Hambatan ini dapat menyebabkan kerugian karena biaya pengobatan dan tingkat kematian ikan menjadi meningkat. Kerugian semakin parah bila penyakit yang menyerang adalah penyakit menular. Salah satu penyakit ikan lele yang perlu Anda waspadai adalah penyakit bintik putih yang sangat ditakutkan pembudidaya lele. Pasalnya, belum ada obat yang dapat mengatasi penyakit ini.

    bintik putih
    foto: Pertanianku

    Gejala penyakit ini adalah munculnya bintik putih pada ikan lele. Bintik putih atau white spot disebabkan oleh bakteri Aeromonas hidrophylla. Penyakit ini dapat menyerang ikan lele mulai dari benih hingga ukuran konsumsi. Mengingat belum ada obat yang dapat menyembuhkannya. Biasanya, pembudidaya akan menyerah saat penyakit ini menyerang lele dan membiarkannya hingga mati.

    Namun, penyakit ini sebetulnya bisa disembuhkan dengan menggunakan pupuk higienis. Berikut ini cara alternatif menyembuhkan bintik putih pada lele.

    1. 1. Siapkan sebuah kolam yang sudah dibersihkan dan dikeringkan selama 1–2 hari. Sebaiknya, kolam yang digunakan adalah kolam terpal atau kolam tembok. Namun, kolam tanah juga bisa digunakan asalkan tidak bocor agar airnya bisa bertahan lama.
    2. 2. Kolam diisi air setinggi 30–40 cm. Sebaiknya, air sudah diendapkan selama 2–3 hari, baik di kolam tersebut maupun di kolam yang lain, tetapi nanti dialirkan ke kolam pertama tadi. Jika tidak ada air yang diendapkan, penggunaan air baru juga diperbolehkan.
    3. 3. Tebarkan ikan yang terserang penyakit white spot ke kolam. Penebaran sebaiknya dilakukan pada sore atau malam hari agar pupuk higienis mampu meresap ke dalam tubuh ikan selama semalaman.
    4. 4. Siapkan pupuk higienis yang sudah disaring, lalu masukkan ke botol bekas air minum yang tutupnya sudah diberi lubang. Pupuk higienis itu harus difermentasi selama 12 jam, bukan 3 jam.
    5. 5. Biarkan selama terjadi pengobatan. Biasanya, penyakit ini mulai sembuh dalam dua hari dan sembuh total dalam waktu empat hari.
    Baca Juga:  Ternak Lele dengan Air Payau