Cara Mengatasi Buah Mangga Muda Bebercak Hitam

Pertanianku— Anda harus waspada jika mendapati buah mangga yang masih muda tetapi sudah dipenuhi dengan bercak-bercak air berwarna hijau tua dan berubah menjadi hitam. Kondisi tersebut merupakan gejala dari penyakit bercak hitam yang dapat membuat buah menjadi retak dan mengeluarkan getah. Buah mangga muda yang sudah terserang biasanya akan mudah rontok jika tertiup angin. Seandaikan tumbuh, pertumbuhannya menjadi tidak bagus.

buah mangga muda
foto: Trubus

Gejala bercak yang ditimbulkan oleh penyakit ini hampir sama dengan penyakit antraknosa dengan masa inkubasi selama 12—14 hari. Bedanya, penyakit bercak hitam sudah bisa menyerang buah yang masih muda, sedangkan penyakit antraknosa lebih sering menyerang buah yang sudah masak. Perbedaan juga terdapat dari penyebab penyakit. Penyakit bercak hitam disebabkan oleh bakteri, sedangkan antraknosa disebabkan oleh cendawan.

Bercak sebenarnya tidak hanya menyerang buah yang masih muda. Penyakit ini juga bisa menyerang daun tanaman. Bercak terlihat kecil dan berair, bersudut, serta berdiameter sekitar 1—4 mm. Gejala bercak tersebut biasanya terdapat di bagian ujung daun. Bercak tersebut akan berubah warna menajdi cokelat tua atau hitam. Jika diamati lebih detail lagi, ada sesuatu yang melingkari bercak-bercak tersebut.

Bercak-bercak yang dibiarkan dan tidak diatasi dapat bergabung menjadi satu sehingga akan terbentuk bercak yang lebih besar. Bercak tersebut dapat membuat daun menjadi retak dan permukaannya kasar. Pada retakan daun tersebut akan mengeluarkan getah.

Pada tanaman yang sudah tua, bercak akan berubah menjadi kering dan berwarna putih. Sementara itu, jika tanaman muda yang terserang akan menyebabkan daunnya menjadi jelek.

Penyebab bercak tersebut adalah bakteri Pseudomonas mangiferae indsicae Patel atau Bacillus mangiferae Doidge. Penyakit ini bisa dikendalikan seperti pengendalian penyakit antraknosa pada pohon mangga, yakni dengan disemprot ekstrak jahe. Caranya, 2 kg jahe ditumbuk hingga halus, lalu diolah menjadi pasta. Tambahkan air sebanyak 30 liter dan aduk hingga rata. Saring ramuan dan tambahkan sabun cair sebanyak 4 cc/liter larutan jahe.

Baca Juga:  Atasi Serangan Kumbang Bubuk dengan Lada Hitam

Penyakit ini bisa dicegah dengan cara pemangkasan pohon agar tajuk tidak terlalu rimbun karena saling tertaut. Buah mangga atau daun yang sudah terserang penyakit harus dipotong dan dibakar untuk menghentikan perkembangan bakteri. Jangan lupa untuk melakukan sanitasi kebun secara teratur.

 

 

 


loading...