Cara Mengatasi Hama Jamur Tiram

Pertanianku — Jamur tiram rentang diserang hama jika tidak dipelihara secara intens. Hama-hama tersebut biasanya masuk ke rumah kumbung atau tempat budidaya jamur tiram tanpa disadari oleh pembudidaya. Anda harus mengenali beberapa jenis hewan yang termasuk hama bagi jamur tiram. Jika sudah mengetahui jenis hama jamur tiram, Anda akan tahu bagaimana penanggulangannya.

hama jamur tiram
foto: pertanianku

Berikut ini jenis hama jamur dan cara mengatasinya.

Ulat

Loading...

Ulat merupakan hama jamur tiram yang paling sering dijumpai di dalam rumah kumbung. Ada banyak faktor yang menyebabkan kehadiran ulat di dalam rumah kumbung, di antaranya rumah kumbung yang terlalu lembap. Kotoran dari sisa pangkal atau bonggol tidak ikut dipanen seluruhnya, dan lingkungan budidaya tidak bersih.

Karena kehadiran ulat disebabkan oleh faktor kebersihan dan kondisi rumah kumbung, penanggulangannya dilakukan dengan rutin membersihkan rumah kumbung dan area di sekitar rumah kumbung. Anda bisa melakukan penyemprotan formalin untuk mensterilkan area di sekitar rumah kumbung.

Semut

Kehadiran semut di dalam rumah kumbung bisa karena jarang dilakukan pemeriksaan di sekitar rumah kumbung. Dengan begitu, secara tidak sadar semut akan membangun koloni di dalam rumah kumbung. Jika sudah terdapat koloni semut yang ditandai dengan adanya sarang di dalam rumah kumbung, Anda harus membongkar sarangnya dan menyiramnya dengan minyak tanah.

Anda juga bisa menggunakan insektisida yang bisa menjadi alternatif terakhir jika serangan sudah besar. Namun, sebaiknya penggunaan insektisida diminimalisir agar jamur yang didapatkan bisa organik.

Laba-laba

Kehadiran laba-laba di dalam rumah kumbung hampir sama seperti semut. Kehadirannya disebabkan oleh proses pemeriksaan yang tidak dilakukan rutin atau tidak dilakukan secara menyeluruh.

Jika di dalam rumah kumbung sudah terdapat sarang laba-laba, segera hancurkan sarangnya dan olesi dengan minyak tanah. Pemberantasan melaui cara ini memiliki banyak keuntungan, di antaranya biaya perawatan menjadi tidak membengkak karena tidak perlu membeli insektisida dan juga ramah lingungan.

Baca Juga:  Atabela, Inovasi untuk Menanam Benih Secara Langsung

Hama ini bisa dicegah dengan proses pemeriksaan di sekitar lingkungan rumah kumbung secara rutin dan saksama.

Kleket

Jika rumah kumbung diserang oleh kleket, Anda bisa mengatasinya dengan mengambilnya secara langsung dengan tangan. Kleket biasanya dijumpai di mulut baglog.

 

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...