Cara Mengatasi Hama pada Mangga Chokanan yang Merugikan

Pertanianku — Sebagian besar hama yang menyerang mangga chokanan berasal dari golongan serangga, seperti wereng, penggerek batang, penggerek pucuk, kutu daun, dan lalat buah. Hama pada mangga chokanan biasanya menyerang bagian daun, batang, kulit, bunga, dan buah. Berikut ini ulasan beberapa hama mangga chokanan dan cara menanganinya.

hama mangga chokanan
foto: pixabay

Wereng mangga

Wereng mangga menyerang tanaman mangga chokanan sehingga menyebabkan bunga layu dan rontok, buah muda yang baru tumbuh akan rontok, dan pada tangkai bunga terlihat lubang-lubang bekas tusukan.

Wereng tersebut bisa dikenadalikan dengan pestisida nabati dari campuran daun malwa, nimba, lombok rawit, atau dengan air tuba. Anda bisa menyemprotkan pada saat pohon mangga belum bertunas.

Penggerek batang

Penggereng batang akan menyebabkan daun dan ranting pada ujung cabang mengering, layu, dan akhirnya rontok. Ranting-ranting pohon akan mudah patah dan batang bagian luar berlubang, terkadnag mengeluarkan cairan kotoran.

Hama ini bisa diatasi dengan mengumpulkan semua penggerek dan memusnahkannya. Anda bisa membuat perangkap dari kayu gelondongan bulat.

Penggerek pucuk

Ulat penggerek pucuk dapat menyebabkan pucuk daun banyak yang rusak sehingga menghambat pertumbuhan pohon. Larva ulat akan hidup di dalam pucuk daun muda. Tanaman yang sudah terserang akan mudah mengalami kerontokan buah muda. Pengendalian hama ini bisa dilakukan dengan memotong dan memusnahkan pucuk daun yang sudah rusak dan menggulung.

Kutu daun

Hama kutu dapat menyebabkan pertumbuhan tunas, pucuk, kuncup, daun, dan bunga terganggu. Dengan demikian, akan membuat tunas tetap kerdil dan rontok. Pengendalian hama ini bisa dilakukan dengan mencuci cendawan hitam dengan larutan deterjen.

Lalat bisul daun

Lalat bisu dual bisa menyebabkan permukaan daun berbintil-bintil mirip sperti bisul dan warna daun menjadi pucat. Jika sudah daun sudah terserang hama ini, segera potong dan kumpulkan untuk dibakar. Anda juga bisa menyemprotkan pestisida berbahan aktif tiametoksam atau abamektin pada malam hari saat lalat tidak sedang keluar.

Baca Juga:  Peluang Usaha Lengkeng Matalada, Lengkeng Berbiji Kecil Sensasi Makan Lebih Puas

Lalat buah

Serangga ini menyerang mangga yang sudah masak. Warna lalat buah cukup mencolok, mulai dari hitam, merah, hingga kuning. Lalat buah dapat menyebabkan getah mengering di permukaan buah, kadang ada lubang kecil kehitaman bekas tusukan, dan buah menjadi keriput lalu rontok. Lalat buah tersebut bisa diatasi dengan membasmi buah yang sudah terserang dan membakarnya. Setelah itu, lakukan pencakulan tanah agar tanah bisa terkena sinar matahari.

Jika tidak mau repot membasmi hama pada mangga chokanan, Anda bisa menggunakan pestisida yang bisa didapatkan di Toko Trubus. Tersedia beragam pestisida sesuai dengan hama yang menyerang mangga chokanan. Selain itu, ada promo bibit mangga chokanan sebesar 20% yang bisa Anda dapatkan di Toko Trubus. Segera hubungi Toko Trubus untuk solusi kebutuhan pertanian Anda.

 


loading...