Cara Mengatasi Hama Penggerek Buah Cokelat

Pertanianku Hama penggerek buah cokelat atau Conopoomorph cramerella sering disebut sebagai cacao mot atau pod borer. Serangan hama ini dapat menyebabkan penurunan produksi hingga 60—80 persen, sangat merugikan petani cokelat sehingga harus segera diatasi.

penggerek buah cokelat
foto: pertanianku

Serangan hama penggerek buah cokelat akan mengakibatkan biji menjadi gagal berkembang. Biji di dalam buah akan saling melekat, bentuknya kecil, dan ringan. Buah yang sudah terserang akan mengalami perubahan warna sebelum waktunya matang. Serangan hama penggerek buah cokelat menyebabkan persentase biji cacat semakin meningkat dan menambah biaya pemanenan.

Kulit buah yang sudah terserang akan sangat mudah ditumbuhi jamur. Jika hama menyerang buah yang matang, tanda yang bisa dilihat adalah pada saat mengguncang buah. Biji tidak akan berbunyi pada saat diguncang karena biji sudah saling melekat.

Loading...

Hama berkembang biak dengan cara meletakkan telur di dalam alur kulit buah. Larva yang sudah menetas akan masuk ke buah dengan cara membuat lubang kecil di bawah kulit buah. Setelah itu, larva akan memakan daging buah tepat di bawah kulit buah dan di antara biji. Plasenta tanaman pun ikut digerek oleh hama ini. Buah yang sudah dimakan akan terlihat kulitnya berwarna cokelat dan mengelopak dan akan terlihat ada lubang berwarna merah muda.

Untuk mengetahui tingkat serangan hama tersebut, Anda harus mengamati buah-buah secara berkala dari beberapa pohon. Amati juga biji buah apakah saling melekat atau tidak. Dari pengamatan tersebut, Anda bisa menghitung persentase serangan berdasarkan jumlah buah yang terserang dibagi jumlah buah yang diamati.

Hama ini dapat dikendalikan dengan cara merumpis atau memetik seluruh buah yang terserang dan dibenamkan ke dalam tanah. Cara lain yang bisa dilakukan adalah membungkus buah dengan kantong plastik berukuran 34 cm dengan lebar 17 cm serta tebal 0,03 mm. Pembungkusan dilakukan pada buah yang sudah memiliki panjang lebih dari 12 cm.

Baca Juga:  Mengatasi Serangan Lalat Buah Jambu Air Madu Deli, Bikin Jambu Jadi Busuk!

Cokelat jenis criollo lebih mudah terserang hama ini karena memiliki kulit buah yang lunak dan banyak lekukan dibandingkan jenis cokelat lainnya.

Loading...
Loading...