Cara Mengatasi Hama Pohon Karet

Pertanianku — Ada beberapa jenis hama pohon karet yang harus Anda waspadai karena dapat menurunkan produktivitas pohon. Berikut ini jenis hama pohon karet yang harus dibasmi agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.

hama pohon karet
foto: pertanianku

Rayap

Rayap yang menyerang pohon karet adalah Microtermes inspiratus dan Coptotermes curvignattus. Gejala yang ditimbulkan dari serangan rayap adanya kerusakan pada bagian ujung stum atau tanaman karet muda. Pada bagian tersebut timbul bekas gerekan yang dilakukan oleh rayap. Pada bagian dalam terdapat lubang besar dari ujung stum sampai akar. Akar tanaman menjadi terputus bahkan sudah tidak ada lagi ujungnya.

Loading...

Pencegahan rayap dapat dilakukan dengan membersihkan kebun dari tunggul dan sisa-sisa akar. Jika pohon karet Anda sudah terkena serangan rayap, Anda bisa memusnahkan rayap dengan cara memancing rayap untuk keluar dari stum dengan umpan sungkai dan ubi kayu. Anda bisa membasmi rayap menggunakan Furadan, Agroelene, atau Lindamul.

Uret tanah

Ada beberapa jenis uret tanah yang biasa menyerang pohon karet, yaitu Helotrichia serrata, Helotrichia rufoflava, Leucopholis sp., Exopholis sp. dan Lepidiota sp. Tanaman yang terserang uret tanah akan tampak layu dan berwarna kuning. Bahkan, tanaman bisa mengalami kematian karena sudah tidak memiliki akar.

Pengendalian hama uret dapat dilakukan dengan mengumpulkan seluruh kumbang dan membunuhnya agar tidak bisa berkembang biak menghasilkan uret. Sementara, pengendalian menggunakan bahan kimia dilakukan dengan penyemprotan Endosulfan atau Furadan.

Kutu tanaman

Kutu tanaman yang biasa menyerang pohon karet adalah Saissetia nigra, Laccifer greeni, L. laca dan Planococcus citri. Tanaman yang diserang oleh kutu tanaman akan tampak berwarna kuning dan mengering pada bagian pucuk batang dan daun mudanya. Bagian tanam yang terkena kutu akan mati pada akhirnya.

Baca Juga:  Manfaat Pohon Jabon yang Jarang Diketahui

Pengendalian kutu tanaman dapat dilakukan dengan tiga cara. Pertama, dengan mengambil dan memusnahkan bagian tanaman yang terkena kutu. Kedua, menyebarkan musuh alami dari kelompok kumbang, seperti Eublema sp., Anysis sp., Scymnus sp., dan Coccinella sp. Ketiga, Anda bisa membasmi kutu secara kimia menggunakan pestisida pembasmi kutu.

 

Loading...
Loading...