Cara Mengatasi Masalah pada Ternak Puyuh Petelur

Pertanianku — Salah satu masalah pada ternak puyuh petelur adalah produksi telur yang kurang maksimal. Permasalahan ini sering dianggap tidak begitu penting dan cenderung diabaikan, padahal produksi telur yang menurun merupakan salah satu gejala yang harus diwaspadai. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui beberapa masalah yang kemungkinan jadi penyebab produksi ternak puyuh petelur menurun dan solusi mengatasinya.

ternak puyuh telur
foto: pixabay

Pencahayaan

Proses pembentukan telur membutuhkan rangsangan cahaya yang tepat. Intensitas cahaya yang diberikan tidak perlu terlalu terang. Hal terpenting adalah cahaya matahari yang diberikan cukup untuk membuat puyuh nyaman untuk melakukan aktivitas sosialnya saja. Bohlam lampu yang digunakan cukup sebesar 25—40 watt.

Loading...

Pencahayaan harus selama 24 jam untuk puyuh yang akan memasuk masa bertelur atau pada awal umur 4 minggu dengan menggunakan lampu pijar. Setelah puyuh bertelur, Anda dapat memberikan pencahayaan pada saat gelap dan mematikan pencahayaan saat sudah terang. Pencahayaan total yang diberikan selama 14—16 jam.

Kebutuhan air minum

Pemberian air minum dalam kandang diberikan pada puyuh yang masih berumur kurang dari 35 hari. Setelah itu, buatkanlah wadah minum di luar kandang karena proporsi badan puyuh yang berumur 35 hari biasanya sudah sempurna. Kualitas air minum harus terjaga dengan baik, begitu pun dengan persediaan air minum harus dipastikan selalu ada. Untuk menjaga kebersihan air minum, Anda harus membersihkan tempat minum setiap hari dari pakan sisa yang terbawa oleh puyuh.

Air minum juga bisa menjadi wadah untuk pemberian vaksin burung puyuh. Sebelum diberikan vaksin, jangan berikan minum terlebih dahulu hingga puyuh kehausan. Dengan begitu, saat diberikan air minum yang mengandung vaksin langsung dihabiskan.

Pencegahan penyakit

Baca Juga:  Penyakit Ayam yang Disebabkan Oleh Kekurangan Nutrisi

Puyuh dapat terserang berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang sering menyerang puyuh adalah tetelo yang muncul pada musim pancaroba. Tetelo dapat menyebabkan burung mati. Cara untuk mencegah penyakit puyuh adalah melakukan vaksinasi yang diberikan melalui tetes mata atau air minum.

Sementara, untuk meningkatkan produksi telur, Anda dapat mencegah stres dengan memberikan vitamin sesuai dengan jadwal. Pemberian vitamin juga dilakukan saat puyuh mengalami pemotongan paruh, pindah kandang, hujan lebat disertai petir, dan pada saat pemberian obat cacing.

Loading...
Loading...