Cara Mengatasi Mata Bengkak dengan Bunga Krisan

Pertanianku — Mata bengkak bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun, terlepas dari apa penyebabnya, Anda perlu melakukan perawatan sederhana untuk mengatasi mata bengkak. Ada banyak cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi bengkak tersebut. Salah satunya menggunakan bunga krisan, bunga potong yang sering ditanam sebagai tanaman hias.

bunga krisan
foto: Pixabay

Perawatan yang perlu dilakukan ketika mata bengkak adalah membilas mata dengan larutan garam atau larutan saline yang dianggap mampu mengatasi mata bengkak. Selain itu, garam bersifat antimikroba yang mampu meredakan bengkak pada mata.

Selain membasuhnya dengan air garam, Anda bisa mengatasinya dengan mengompres mata dengan kain yang sudah direndam dengan air bersih yang dingin. Atau, dikompres dengan kantong berisi es batu selama 15 menit setiap satu jam sekali.

Anda juga bisa mengompres dengan kantung teh yang sudah dimasukkan ke kulkas. Kandungan kafein tersebut bisa membantu meredakan pembengkakan pada mata. Air hangat, es batu, atau kantung teh bisa digantikan dengan bunga krisan.

Bagian yang bisa digunakan untuk mengobati mata bengkak adalah bagian bunga dari tanaman krisan. Bunga krisan dimasak terlebih dahulu dengan air hingga mendidih. Setelah suhu air turun hingga hangat-hangat kuku, gunakan air tersebut untuk mengompres mata yang bengkak. Ramuan tersebut juga bisa berkhasiat untuk mengatasi radang selaput lendir mata.

Bunga tanaman mengandung acactin, acaciin, arteglasin A, camphor, chrysanthenone, flavonoid, sesquiterpene, lactone, dan minyak atsiri. Kandungan tersebut bisa digunakan untuk mengatasi beberapa jenis penyakit selain mata bengkak, di antaranya perut mulas, batuk, dan sakit kepala.

Sebagai informasi, krisan tumbuh dengan subur di dataran tinggi. Ada banyak jenis krisan yang tumbuh di Indonesia. Setiap jenis memiliki bentuk serta warna bunga yang berbeda-beda. Krisan sering digunakan sebagai tanaman hiasan untuk acara formal seperti pernikahan.

Baca Juga:  Deretan Kesalahan yang Membuat Daun Aglaonema Layu dan Menguning

Akhir-akhir ini daun dan bunga krisan diolah menjadi minuman teh karena mengandung beberapa zat antioksidan yang bisa mengendalikan kolesterol, penyakit gula, dan melangsingkan tubuh.

 

 


loading...