Cara Mengatasi Parasit yang Menyerang Ikan Laut

Pertanianku — Salah satu penghambat budidaya ikan adalah penyakit yang menyerang ikan. Ada banyak penyebab penyakit tersebut, salah satunya adalah parasit. Parasit ikan laut akan menginfeksi tubuh ikan sehingga menimbulkan kondisi yang tidak normal pada tubuh ikan. Akibatnya, kemampuan ikan dalam bertahan hidup menjadi berkurang.

parasit ikan laut
foto: pixabay

Mengatasi serangan parasit ikan laut harus dilakukan sesuai dengan jenis parasit yang menyerang. Anda harus melakukan diagnosis secara akurat agar mampu menentukan tindakan pengendalian yang tepat. Berikut ini beberapa jenis parasit yang kerap menyerang dan menginfeksi ikan laut.

Parasit metazoan

  • Monogenea insang, parasit yang menyerang adalah Pseudorhabdosynochus , Diplectanum sp. dan Haliodrema sp. Parasit tersebut bisa diatasi dengan merendam ikan ke dalam formalin 25—75 atau H2O2150 ppm (150 ml/ton air laut) selama ½—1 jam. Lama perendaman bergantung pada jenis, ukuran, dan kondisi tubuh ikan. Perendaman diulangi lagi setelah lima hari kemudian. Ikan yang sudah direndam dipindahkan ke dalam bak lain atau pembudidaya bisa mengganti jaring yang biasa digunakan.
  • Monogenea kulit, parasit yang menyerang adalah Neobendenia dan Benedenia sp Pengendalian parasit ini bisa dilakukan dengan merendam ikan ke dalam air tawar selama 10—15 menit.
  • Infestasi Hirudinea atau lintah. Serangan parasit tersebut bisa diatasi dengan merendam ikan ke dalam formalin 200—250 ppm selama 1 jam dan disertai dengan aerasi yang kuat.
  • Isopoda, parasit yang menyerang adalah Rhexaella verrucosa. Serangan parasit ini bisa diatasi dengan pengambilan parasit secara manual dengan pinset, kemudian pindahkan ikan yang terinfeksi ke bak atau jaring yang lain. Bekas luka yang terkena infeksi diolesi dengan Iodin.

Parasit protozoa

  • Cryptocaryon irritans bisa diatasi dengan merendam ikan ke dalam air tawar selama 5 menit atau direndam ke dalam formalin 25—50 ppm selama 15—30 menit, lalu diulang kembali selama 3 hari berturut-turut.
  • Trichodina sp bisa diatasi dengan merendam ikan ke dalam formalin 25—30 ppm selama 1—2 jam, perendaman dilakukan sebanyak 1—2 hari.
  • Amyloodinium ocellatum bisa dikendalikan dengan merendam ikan ke dalam formalin 100—250 ppm (bergantung pada jenis dan kondisi ikan) selama 1 jam.
Baca Juga:  Jenis Kolam yang Cocok untuk Pendederan Gurami

Endoparasit

Endoparasit dapat menyebabkan infeksi nematoda, cestoda, dan protozoa microsporidia. Pengendaliannya hingga saat ini masih belum diketahui.


loading...