Cara Mengatasi Penyakit Busuk Mulut pada Ikan

PertaniankuBusuk mulut adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh ikan. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Flexibacter columnaris. Bakteri tersebut tergolong sebagai bakteri gram negatif, berbentuk seperti benang, dan hidup di lapisan lendir pada tubuh ikan yang sehat dan sakit.

busuk mulut
foto: pertanianku

Bakteri tersebut bisa hidup di media air yang mengandung banyak jasad organik mati, benda-benda padat, dan juga pada kulit ikan yang sehat. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan media air ikan setiap hari untuk menghindari penyakit busuk mulut pada ikan.

Penyakit ini juga bisa disebabkan oleh bakteri lain, di antaranya Aeromonoas spp, Pseudomonas  spp, Vibrio spp, Salmonella spp, dan Mycobakterium spp. Bakteri yang paling sering menyebabkan penyakit ini adalah M. piscium dan M. Marinum. Selama bakteri tersebut masih berada di dalam kolam, penyakit ini sulit disembuhkan.

Loading...

Ikan yang terserang penyakit ini ditandai dengan munculnya memar putih atau abu-abu di sekitar kepala, sirip, insang, dan rongga mulut. Jika dibiarkan, memar tersebut akan menyebar menjadi serupa kapas berwarna putih kelabu. Memar tersebut sangat mudah dijumpai di area mulut.

Untuk memastikan apakah ikan Anda sudah terkena busuk mulut atau belum, lakukan pengamatan di bawah mikroskop. Jika terjadi pendarahan atau luka yang agak dalam terutama pada bagian kepala dan tubuh di bagian samping ikan, bisa jadi ikan Anda terserang penyakit ini. Pasalnya, gejala penyakit ini hampir sama dengan gejala serangan jamur.

Penyakit yang dibiarkan dapat menyebabkan kematian karena ikan mengalami kerusakan fisik yang parah dan mulutnya membengkak sehingga tidak bisa ditutup. Jika sudah mengalami hal tersebut, ikan akan kehilangan nafsu makan dan akhirnya mati dalam waktu singkat. Serangan penyakit ini bisa terjadi dengan sangat cepat menyebar ke berbagai daerah, apalagi jika suhu udara sedang hangat.

Baca Juga:  Pentingnya Menjaga Sanitasi dan Higienitas dari Produk Olahan Ikan

Langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit busuk mulut adalah mengurangi kandungan amonia dan nitrit di media budidaya. Gunakan filter biologis untuk membantu mencegah pertumbuhan senyawa tersebut.

Sementara itu, untuk mengatasi ikan yang sudah terkena penyakit ini, lakukan karantina. Jangan memindahkan ikan yang berada di dalam kolam yang sudah terindikasi bisa menimbulkan penyakit ini atau menambahkan ikan. Berikan satu sendok teh garam akuarium untuk setiap 20 liter air kolam. Buang karbon aktif di dalam kolam dan terus lakukan aerasi.

Selanjutnya, tambahkan Furan-2, triple sulfa atau tablet EM ke dalam kolam dan biarkan selama 24 jam. Setelah selesai, lakukan pergantian air kolam sebanyak 25 persen untuk mengurangi konsentrasi obat yang masih tersisa di dalam kolam. Anda juga bisa menggunakan Phenoxyethanol untuk mengobati penyakit ini.

Loading...
Loading...