Cara Mengatasi Penyakit yang Biasa Menyerang Pohon Mangga Chokanan

Pertanianku— Ada beberapa jenis penyakit yang bisa menyerang pohon mangga chokanan. Umumnya, penyakit pohon mangga chokanan disebabkan oleh cendawan seperti jelaga dan kapang kelabu. Jangan khawatir, Anda tetap bisa memperbaiki kondisi pohon yang sudah terkena penyakit.

penyakit pohon mangga chokanan
foto: pertanianku

Pohon mangga yang sudah terkena penyakit akan mengalami penurunan produksi, bahkan buah yang dihasilkan bisa menurun. Buah yang masih muda akan mudah rontok sebelum waktunya. Tentunya, hal tersebut bisa menyebabkan Anda merugi, tidak bisa menikmati mangga chokanan yang manis seperti madu. Berikut ini beberapa penyakit pohon mangga chokanan yang biasa dijumpai dan cara menanganinya.

Cendawan jelaga

Loading...

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Capnodium spp. Cendawan tersebut bisa menyerang tanaman saat terdapat hama serangga yang mengeluarkan kotoran berupa embun madu. Selanjutnya, akan muncul bintik-bintik hitam seperti jelaga di seluruh permukaan daun yang terserang. Jika penyakit sudah parah, hampir seluruh permukaan daun dan ranting berubah menjadi hitam.

Penyakit ini bisa diatasi dengan menyemprotkan campuran belerang dan abu gosok ke daun yang sudah terkena cendawan jelaga. Anda juga bisa menggunakan fungisida yang berbahan aktif benomil atau mankozeb. Pencegahan penyakit cendawan jelaga juga bisa dilakukan dengan mengendalikan hama yang mengeluarkan embun madu agar cendawan tidak muncul.

Kapang kelabu

Penyakit kapang kelabu disebabkan oleh cendawan Botrytis cinerea. Penyakit ini kerap dialami oleh varietas mangga unggulan seperti mangga chokanan. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit kapang kelabu adalah muncul bercak kecil membulat berwarna cokelat kemerahan yang menjadi hitam di bunga yang sudah mekar. Selanjutnya, muncul bercak transparan berair yang kemudian melebar dan warnanya berubah menjadi kecokelatan pada daun.

Pada bagian tengah bunga terdapat bercak membusuk kehitaman dan pada bagian daun akan terlihat corak kecokelatan yang semakin melebar ke samping.

Baca Juga:  Kakao Juga Pakai Masker agar Terlindung dari Serangan Hama

Penyakit ini bisa diatasi dengan memotong dan memusnahkan bunga yang sudah terserang. Selanjutnya, jaga tingkat kelembapan di sekitar pohon agar tidak berlebih dengan cara penyiraman secukupnya dan perbaiki sirkulasi udara di area tanam. Anda juga bisa menggunakan fungisida berbahan aktif tebukonazol atau difenokonazol.

Anda bisa mendapatkan fungisida agar tanaman mangga chokanan bebas hama dan penyakit, dengan mengunjungi Toko Trubus terdekat di kota Anda. Toko Trubus menyediakan beragam pestisida, seperti akarisida, fungisida, herbisida, dan lainnya. Selain itu, pada Juli ini ada potongan harga 20% untuk pembelian produk mangga chokanan di Toko Trubus. Segera hubungi Toko Trubus untuk solusi kebutuhan pertanian Anda!

 

Loading...
Loading...