Cara Mengatasi Pertumbuhan Ayam yang Tidak Seragam

Pertanianku — Permasalahan yang kerap kali timbul ketika ternak ayam dalam skala besar adalah tingkat keseragaman yang rendah. Pertumbuhan ayam tidak seragam sehingga ada ternak yang berukuran kecil dan ada yang berukuran besar. Kondisi tersebut harus segera diatasi agar tidak menyebabkan permasalahan di kemudian hari.

ayam tidak seragam
foto: Pertanianku

Jika rentang bobot tidak terlalu jauh, seperti hanya selisih 0,1—0,2 kg, ketidakseragaman tersebut masih termasuk wajar dan belum berbahaya. Yang menjadi bahaya apabila selisihnya sudah lebih dari 0,4 kg dan terjadi secara massal. Jika kondisi tersebut sudah terjadi, peternak perlu melakukan tindakan secepatnya karena ketidakseragaman tersebut dapat menurunkan kualitas ternak.

Ketidakseragaman juga bisa disebabkan oleh kualitas DOC yang kurang bagus. Untuk mengetahui kualitas DOC yang digunakan, peternak bisa membandingkan peternakan lain yang menggunakan DOC dari sumber yang sama.

Apabila di peternakan lain mengalami hal yang sama, kemungkinan besar penyebab ketidakseragaman adalah kualitas DOC. Sebaliknya, apabila hanya peternakan Anda sendiri yang mengalaminya, berarti ada penyebab lain yang membuat tingkat keseragaman berbeda-beda.

Peternak harus langsung mengevaluasi manajemen saat brooding, asupan pakan, dan serangan penyakit. Evaluasi tersebut berguna untuk mencari sumber kesalahan sehingga kesalahan dapat segera diperbaiki. Misalnya, mungkin ketidakseragaman disebabkan oleh asupan pakan yang digunakan kurang tepat atau tidak mencukupi.

Kesalahan yang timbul pada saat brooding bisa menyebabkan pertumbuhan ayam terhambat. Kesalahan yang kerap terjadi adalah suhu pemanas yang kurang ideal sehingga banyak DOC yang tidak bisa mendapatkan sumber panas secara utuh. Akibatnya, DOC menjadi malas bergerak dan makan sehingga pertumbuhannya menjadi tidak ideal.

Asupan pakan yang kurang tepat atau tidak mencukupi kebutuhan nutrisi DOC juga bisa menghambat pertumbuhan DOC sehingga tidak dapat mencapai bobot ideal. Kondisi pakan yang tidak ideal biasanya sering terjadi karena pakan yang diracik sendiri oleh peternak.

Baca Juga:  Jenis Ayam Hias Lokal yang Menjadi Primadona

Penyebab lain yang jarang disadari adalah jumlah pakan yang kurang. Meskipun kandungan di dalam pakan sudah tepat, jika jumlah pakan yang diberikan kurang, tetap bisa membuat pertumbuhan ayam terganggu sehingga pertumbuhannya menjadi lambat. Oleh karena itu, peternak harus memastikan juga jumlah pakan yang diberikan.

Penyebab terakhir yang kemungkinan dapat menyebabkan ketidakseragaman adalah penyakit. Ayam yang sudah terjangkit penyakit akan mengalami hambatan dalam pertumbuhan sehingga pertumbuhannya tidak sebagus ayam-ayam yang sehat.