Cara Mengatasi Serangan Kutu Daun Thrips pada Tanaman Tomat

PertaniankuKutu daun thrips merupakan hama yang berasal dari famili Thripidae, ordo Thysanoptera. Hama ini berukuran sangat kecil, panjangnya hanya sekitar 1—1,2 mm, berwarna hitam, bergaris merah. Nimfa atau thrips muda tampak berwarna putih atau putih kekuningan, tidak bersayap, dan kadang-kadang memiliki bercak merah. Hama ini paling sering membuat resah pemilik tanaman tomat karena kehadirannya dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.

kutu daun thrips
foto: unsplash

Hama yang sudah dewasa memiliki sayap dan rambut yang berumbai-rumbai. Thrips dewasa akan mengeluarkan telur yang berbentuk seperti ginjal atau oval. Hama ini akan menyerang tanaman dengan mengisap cairan pada permukaan daun tanaman.

Daun yang sudah terserang hama kutu daun thrips akan berubah warna menjadi perak karena udara masuk ke dalamnya. Daun yang sudah terserang hama kutu daun thrips akan mengalami penurunan produktivitas saat melakukan fotosintesis. Hal tersebut akan berdampak pada pertumbuhan tanaman yang terhambat.

Loading...

Serangan hama ini bisa terjadi cukup dahsyat jika tidak segera diatasi sehingga mengakibatkan jumlahnya terlalu banyak di lahan atau tanaman tomat. Jumlah kutu yang sudah di atas ambang batas dapat menyebabkan daun menjadi kering dan mati. Hal tersebut dikarenakan seluruh cairan daun dihisap oleh kutu tersebut. Jika tanaman muda yang diserang oleh hama ini, tanaman tersebut akan layu hingga akhirnya mati.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pengendalian terhadap hama tersebut. Upaya pertama untuk mengatasi serangan kutu adalah mengambilnya dan memusnahkannya jika terlihat berada di tanaman tomat. Selanjutnya, siram tanaman dengan air yang cukup agar tanaman tidak kekurangan air.

Kutu ini sangat menyukai tanaman yang kekurangan air, sebagian besar tanaman yang diserang adalah tanaman yang kekurangan air. Oleh karena itu, tanaman yang memiliki persediaan air yang cukup, tidak begitu disukai dan peluang terkena pun semakin mengecil.

Baca Juga:  Cara Mudah Menanam Bibit Manggis di Dalam Pot

Pengendalian selanjutnya adalah membersihkan gulma yang berada di sekitar tanaman. Gulma tersebut dijadikan tempat persembunyian oleh kutu daun thrips. Selain itu, gulma tersebut akan mengganggu pertumbuhan pohon tomat karena menghisap unsur hara di dalam tanah sehingga tanaman tomat tidak mendapatkan unsur hara secara maksimal.

 

 

Loading...
Loading...