Cara Mengatasi Tanaman Buah yang Tidak Kunjung Berbuah

Pertanianku — Kalau ternyata tanaman buah yang ditanam tidak kunjung berbuah, Anda tidak perlu khawatir. Lakukan analisis terlebih dahulu, kira-kira hal apa yang menyebabkan tanaman tidak berbuah. Jika tanaman buah yang dimiliki belum memenuhi syarat untuk menghasilkan buah, sebaiknya segera lakukan usaha untuk mengatasi hal-hal yang menghambat tanaman berbuah.

tanaman buah
foto: pertanianku

Kalau jenis tanaman buah yang ditanam tidak sesuai dengan kondisi lingkungan, iklim, curah hujan, dan beberapa persyaratan lain yang diperlukan untuk tumbuh, Anda sebaiknya mengganti tanaman tersebut dengan jenis yang lebih sesuai. Sebab, jika tetap dipaksakan, tanaman tersebut tidak akan bisa berbuah sampai kapan pun.

Ada beberapa jenis tanaman yang tidak begitu suka dengan air, seperti mangga, jambu biji, dan jambu mete. Jika Anda memiliki salah satu tanaman buah tersebut dan belum juga berbuah, periksa kondisi lahan di sekitarnya. Jika basah atau tergenang, segera lakukan pembuangan air dengan cara membuat saluran pembuangan air di sekitar tanaman. Dengan begitu, saat musim hujan, air tidak akan menggenang di area tanaman.

Jika tanaman buah yang dimiliki terlihat sangat rimbun oleh daun, sebaiknya segera pangkas dan kurangi tajuknya. Pengurangan tajuk bisa dilakukan dengan memotong ranting yang membalik ke arah batang serta ranting yang tumbuh saling bersilangan.

Tanaman buah yang tidak kunjung berbuah juga bisa disebabkan oleh batang bawah dari bibit okulasi dan sambungan yang digunakan kurang bagus. Hal ini mengakibatkan tanaman tidak mau berbuah.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah membongkar dan mengganti batang atasnya dengan bibit yang lebih sesuai. Pembongkaran tersebut tetap harus dilakukan meskipun pertumbuhan sudah terlihat bagus.

Tanaman yang tidak kunjung berbuah juga bisa karena terserang hama atau penyakit. Serangan tersebut menyebabkan bunga atau bakal buah selalu mengalami kerontokan sebelum tumbuh dewasa. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi serangan hama dan penyakit tersebut, baik secara organik maupun kimiawi dengan pestisida.

Baca Juga:  Fakta Daun Bayam, Berbahaya Bagi Penderita Rematik dan Asam Urat

 

 


loading...