Cara Mengawetkan Mangga yang Bisa Dilakukan

Pertanianku — Buah mangga merupakan buah musiman yang tidak bisa berbuah sepanjang tahun. Oleh karena itu, ketersediaannya di pasaran tidak selalu ada. Padahal, ada cara mengawetkan mangga agar buah bisa tetap dinikmati meskipun sudah di luar musim. Teknik pengawetan yang sering digunakan adalah penyimpanan dingin, pembekuan, sterilisasi, dan pengeringan dalam bentuk selai.

cara mengawetkan mangga
foto: pixabay

Penyimpanan di tempat dingin

Mangga sangat mudah mengalami pembusukan. Salah satu cara mempertahankan kesegaran mangga adalah dengan menyimpannya di tempat yang dingin. Ada beberapa faktor yang memengaruhi proses mengawetkan mangga di penyimpanan dingin, yaitu temperatur, tingkat kemasakan buah, dan cara pengemasan.

Loading...

Penyimpanan mangga sebaiknya dilakukan pada suhu 10°C agar bisa bertahan hingga 4—9 minggu. Buah yang masih hijau dan keras bisa disimpan di dalam pendingin. Untuk buah yang sudah agak kuning jika disimpan di tempat dingin, akan menyebabkan perubahan warna menjadi cokelat. Buah yang disimpan dalam pendingin harus disekat dengan kertas halus dan tidak boleh ditumpuk.

Pembekuan di bawah titik beku

Mangga yang didinginkan dengan suhu di bawah titik beku bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika temperatur penyimpanan mencapai minus 12°C, warna buah akan berubah menjadi cokelat dan aromanya berubah. Perubahan tersebut disebabkan oleh reaksi tannin, oksigen, dan enzim yang ada di dalamnya.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa memasukkan buah ke dalam air atau sirup untuk mempertahankan warna serta aroma dan rasanya.

Sterilisasi dan pengalengan

Cara mengawetkan mangga lainnya bisa dilakukan dengan menyimpan mangga di dalam kaleng dan diisi dengan sirup, asam sitrat, dan asam askorbin. Mangga yang akan disimpan harus dikupas dan diiris-iris agar muat. Selanjutnya, tutup kaleng rapat-rapat dan panaskan dengan suhu 100°C selama 30—40 menit.

Baca Juga:  Buah Tin Ungu, Pohon Buah Cantik nan Mahal Bisa Ditanam di Pekarangan Rumah

Pengeringan untuk selai

Jika produksi mangga sedang sangat melimpah, sebaiknya olah mangga tersebut agar tidak terbuang karena busuk. Mangga-mangga tersebut bisa diolah menjadi selai mangga yang manis dan lezat. Sebelum diolah menjadi selai, mangga dikeringkan terlebih dahulu dengan cara dijemur di bawah sinar matahari.

Loading...
Loading...