Cara Mengekstrak Daun Avokad Menjadi Obat Herbal

PertaniankuDaun avokad sudah terkenal khasiatnya di dunia kesehatan, banyak orang yang tertarik mencoba daun ini untuk menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu. Pada dasarnya, penggunaan daun avokad diperbolehkan, asalkan dengan dosis yang tepat dan pengetahuan yang memadai.

daun avokad
foto: pixabay

Pasalnya, ketika dosis yang digunakan tidak sesuai anjuran, penggunaan obat herbal ini bisa menyebabkan efek yang kurang baik bagi tubuh. Selain itu, wawasan dasar mengenai daun ini sangat membantu pasien yang ingin mencoba mengonsumsi daun buah ini. Anda bisa membaca seluruh infomasi mengenai daun avokad dalam buku Khasiat Ajaib Daun Avokad yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya.

Ada banyak khasiat yang bisa didapat dari daun buah ini. Hal tersebut berkaitan erat dengan kandungan komponen aktif yang dimilikinya, mulai dari flavonoid, berbagai macam alkaloid, sterol, saponin, dan senyawa lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Setiap senyawa tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu akan digunakan untuk menyembuhkan penyakit apa daun ini.

Loading...

Misalnya, jika menginginkan fungsi antioksidan dari daun avokad, Anda bisa mengambilnya dari senyawa fenol yang ada di dalamnya.

Jika Anda ingin mengekstrak daun buah ini untuk mematikan bakteri Pseudomonas sp, hasilnya akan jauh lebih maksimal ketika diekstrasi dengan air sebagai media ekstrasi. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti bahan apa yang bisa mematikan bakteri tersebut. Namun yang pasti, senyawa akan larut di dalam air.

Daun yang diekstrasi dengan pelarut methanol dapat membunuh bakteri E.coli. Sementara itu, untuk membunuh bakteri penyebab TBC, daun harus diekstrak dengan larutan methanol atau larutan heksana.

Hingga saat ini, banyak orang yang beranggapan dengan merebus daun atau mengeringkannya dan menjadikannya sebagai minuman seperti teh bisa menyembuhkan penyakit tertentu. Namun, justru malah banyak yang mendapatkan kekecewaan karena penyakit tidak kunjung sembuh. Oleh karena itu, Anda perlu pengetahuan lebih dalam tentang bagaimana caranya meracik daun yang benar sesuai dengan jenis penyakit yang disembuhkan.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Menanam Pohon Jambu Biji dari Benih Biji

Buku Khasiat Ajaib Daun Avokad terbitan Penebar Swadaya menjelaskan informasi-informasi penting mengenai resep dari daun avokad. Selain itu, memaparkan cara penggunaan daun buah ini yang benar agar penyakit yang diderita bisa cepat sembuh. Segera hubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi Anda.

 

Loading...
Loading...