Cara Mengemas Durian yang Benar

Pertanianku — Durian perlu dikemas sesuai dengan pasar yang akan dituju agar memudahkan proses pengangkutan dan menjaga kualitas buah selama di perjalanan. Pengemasan yang baik dapat membuat kondisi buah tetap bagus ketika sampai di tangan konsumen atau negara yang dituju. Dengan begitu, hasil panen Anda lebih mudah terjual. Itu sebabnya mengemas durian tidak boleh dilakukan sembarangan.

mengemas durian
foto: Pertanianku

Dalam satu kemasan sebaiknya tidak diisi terlalu banyak buah. Pasalnya, kondisi tersebut dapat menyebabkan ruang di dalam kemasan sempit sehingga menyebabkan gesekan antarbuah. Gesekan tersebut bisa merusak penampilan fisik buah sehingga kurang menarik.

Namun, kondisi di dalam kemasan tidak boleh terlalu longgar karena dapat menyebabkan buah tergoncang-goncang. Kondisi demikian juga dapat menyebabkan buah rusak.

Jumlah buah durian dalam satu kemasan akan berbeda-beda, bergantung pada bobot dan jenis durian. Dalam satu kemasan sebaiknya diisi oleh satu jenis durian.

Pengemasan untuk durian yang akan diekspor

Durian yang akan dijadikan sebagai komoditas ekspor harus dikemas berdasarkan standar yang sudah ditetapkan. Hal ini dikarenakan durian atau produk pertanian bersifat perisable atau mudah rusak dan tidak tahan lama. Oleh karena itu, pengemasan menjadi penentu dari kualitas buah yang akan diterima oleh konsumen.

Berikut ini langkah-langkah mengemas durian yang akan diekspor.

  • Masukkan buah ke wadah secara hati-hati. Wadah yang umum digunakan terbuat dari kotak karton.
  • Lengkapi wadah dengan partisi/pemisah.
  • Umumnya, satu pak/kotak kemasan menampung 3–5 buah durian dengan total berat 10–15 kg.
  • Lengkapi dinding kemasan dengan double wall.

Cara mengemas durian agar baunya tidak tercium

Terkadang, saat Anda sedang pergi ke sentra durian, biasanya durian menjadi oleh-oleh yang sangat dinantikan. Sayangnya, aroma buah ini sangat tajam dan kuat sehingga seringkali tercium dan dikhawatirkan mengganggu selama di perjalanan.

Baca Juga:  Konsumsi Salak, Cara Sederhana Turunkan Kolesterol

Untuk mengatasi aroma durian yang kuat, Anda bisa membawa daging duriannya saja yang disimpan di dalam kontainer plastik yang tertutup rapat. Kontainer tersebut perlu dilakban sampai 4 lapis untuk memastikan agar bau tidak keluar dari kotak.