Cara Mengembangbiakkan Anjing Daschund

Pertanianku – Daschund merupakan anjing yang dapat hidup hingga 16 tahun ini memiliki masa produktif mulai dari usia satu tahun hingga enam tahun. Sehingga diperkirakan total anakan yang dapat dihasilkan dari satu ekor indukan selama masa produktif sebanyak 14 ekor, sedangkan untuk satu kali proses persalinan dari satu indukan betina hanya bisa melahirkan 2–3 ekor anakan.

Cara Mengembangbiakkan Anjing Daschund

Untuk mengawinkan indukan, pilih indukan anjing daschund dewasa yang berusia sekitar 1 tahun baik jantan maupun betina dengan kriteria sudah memasuki masa subur. Siapkan kandang berukuran 1,5×2 m kemudian tempatkan  indukan betina dan jantan ke dalam satu kandang dalam kurun waktu 2 hingga 3 hari, sehingga terjadi perkawinan secara langsung.

Loading...

Proses pengawinan dimulai dari perhitungan siklus menstruasi daschund yang lamanya 5–8 bulan sekali. Masa subur indukan betina Daschund terhitung mulai dari 10–15 hari setelah siklus menstruasi berakhir.

Setelah mengetahui masa subur indukan betina, selanjutnya berikan vaksinasi pada indukan baik betina maupun pejantan 1–2 hari sebelum pengawinan, yaitu  pemberian obat cacing dan suplemen seperti biosolamin, hematopan, tonophospan, dan vitamin E atau vigantol E yang diberikan oleh dokter hewan dengan biaya Rp100.000 untuk setiap indukan.

Terhitung sejak pengawinan, indukan betina mengalami masa kehamilan selama 60–67 hari. Selama proses mengandung indukan betina dipisah dengan jantan dan di satu kandang hanya ada satu indukan betina saja. Setelah 60–67 hari proses persalinan dilakukan secara alami, dan tidak perlu lewat operasi caesar karena anjing jenis ini kuat dan mudah beradaptasi. Kita hanya perlu menghitung tibanya waktu persalinan, selanjutnya persalinan dapat dilakukan sendiri atau dibantu oleh dokter hewan, karena dalam proses persalinan anjing daschund ini tidak memerlukan perlakuan khusus. Hanya dengan menggunakan peralatan seperti gunting, handuk, serta bahan pelengkap antiseptik dan air hangat secukupnya pemilik atau dibantu dokter hewan dapat melakukan proses persalinan.

Baca Juga:  Pakan Jangkrik yang Sesuai dengan Umur Jangkrik

Berselang 2–3 hari setelah persalinan indukan betina kemudian diberikan suplemen khusus oleh dokter hewan sebanyak satu kali berupa antibiotik seperti amoxilin, metergin yang berguna untuk pembersihan kandungan dan pemberian molocho yang berfungsi sebagai perangsang air susu. Perlakuan khusus lainnya juga diberikan kepada indukan betina, seperti pemberian makan 2 kali sehari dengan pakan anjing sesuai dengan porsi normal anjing dewasa dengan takaran 500 gram perekor dan susu setiap 3–4 jam sekali dengan takaran 100 ml sesuai porsi untuk anjing dewasa, hal tersebut dilakukan hingga anakan berusia 6 minggu atau anakan sudah dapat makan sendiri.

Loading...
Loading...