Cara Mengeringkan Cabai Tanpa Bantuan Alat

Pertanianku— Pengeringan cabai menjadi salah satu pilihan untuk membuat daya simpan cabai lebih panjang. Cara mengeringkan cabai bisa dilakukan dengan alat atau tanpa alat dengan bantuan sinar matahari. Jika Anda masih kesulitan untuk memiliki alat pengering, berikut ini akan dibahas cara pengeringan cabai tanpa alat.

cara mengeringkan cabai
foto: Pertanianku

Sebelum mengeringkan cabai, Anda harus menyeleksi cabai sesuai dengan tingkat kematangan buah yang lebih dari 60 persen, kesehatan buah, dan penampilan fisik buah. Cabai yang dapat dikeringkan harus memiliki tingkat kematangan lebih dari 60 persen sehingga cabai kering yang dihasilkan akan berwarna seperti cabai asli.

Cabai dengan kematangan kurang dari 60 persen akan berubah menjadi putih jika dikeringkan. Sementara itu, cabai yang busuk atau cacat akan menghasilkan warna kehitam-hitaman sehingga tidak bagus dikonsumsi dan dikomersialkan.

Setelah proses seleksi, buah cabai dipisahkan dari tangkainya, lalu dicuci hingga bersih. Selanjutnya, buah dibelah menjadi dua agar mudah dikeringkan.

Cabai yang sudah terbelah menjadi dua direndam ke dalam air panas dengan suhu sekitar 90°C selama enam menit. Tambahkan ke dalam air panas tersebut kalium metabisulfat 0,2 persen dengan dosis 2 gram per 1 liter air. Pemberian kalium metabisulfat bertujuan mempertahankan warna asli dari cabai.

Selesai direndam, buah cabai dicuci kembali dengan air dingin, lalu ditiriskan. Setelah itu, cabai sudah bisa langsung dijemur di bawah sinar matahari dengan lama penjemuran sekitar 7—10 hari. Jika kondisi cuaca sedang kurang baik, waktu penjemuran akan semakin lama. Namun, waktu yang digunakan untuk pengeringan sangat memengaruhi mutu cabai kering yang akan dihasilkan.

Oleh karena itu, agar kualitas mutu cabai kering tetap terjaga, sebaiknya lakukan pengeringan di musim yang baik, seperti di musim kemarau yang kemungkinan besar tidak turun hujan dalam kurun waktu satu minggu.

Baca Juga:  Waspada Dampak Buruk Pestisida Kimia Terhadap Lingkungan

Kekurangan pengeringan dengan cahaya matahari memang terletak pada kondisi cuaca, apalagi saat ini kondisi cuaca sedang kurang baik. Pergantian musim sudah mulai bergeser sehingga petani sulit menentukan kapan musim kemarau dan musim hujan.

 


loading...