Cara Mengganti Media Tanam Ketika Tanaman Hias Sudah Dewasa

Pertanianku — Saat tanaman hias sudah dewasa, wadah seperti pot serta media tanam sudah harus diganti karena sudah tidak cukup untuk menampung sistem perakaran yang semakin tumbuh bersamaan dengan pertumbuhan tanaman. Mengganti media tanam ketika tanaman sudah besar akan berbeda caranya dengan mengganti media tanam saat tanaman masih kecil.

mengganti media tanam
foto: pexels

Selain sudah tidak mampu menampung sistem perakaran, media tanam pun sudah tidak memiliki unsur hara yang cukup untuk menopang pertumbuhan pohon. Pergantian media tanam juga dibarengi dengan pergantian pot. Pot yang dipilih harus disesuaikan dengan ukuran tanaman. Berikut ini tahapan mengganti media tanam ketika tanaman sudah dewasa.

  1. Diamkan tanaman yang akan diganti dalam media tanam selama 3 hari tanpa disiram, agar media tanamnya menjadi kering. Media tanam yang kering dapat memudahkan Anda untuk mengeluarkannya dari dalam pot karena media tanam akan mudah terlepas.
  2. Ketika ingin dikeluarkan dari pot, ketok-ketok dinding pot terlebih dahulu agar sudah tidak ada lagi media tanam yang masih menempel di dinding pot.
  3. Angkat atau keluarkan tanaman beserta media tanamnya dari dalam pot. Tarik pot dengan tangan kanan, dan tangan kiri menahan media tanam dan tanaman.
  4. Buang media tanam hingga setengahnya menggunakan golok yang tajam.
  5. Potong akar serabut yang tumbuh terlalu panjang. Selain itu, Anda juga harus memotong akar yang menghitam dan membusuk. Sisakan akar utama atau akar tunggang. Dari akar tunganglah akan tumbuh akar-akar yang baru.
  6. Siapkan pot pengganti yang akan digunakan. Pilih pot yang memiliki lubang-lubang kecil pada bagian dasar untuk jalan keluar air agar media tanam tidak tergenang air. Gunakan ukuran pot yang sesuai dengan ukuran pohon. Pasalnya, proporsional ukuran antara pot dan tanaman sangat penting agar tanaman terlihat estetik.
  7. Masukkan batu kerikil ke bagian dasar pot. Batu kerikil tersebut berfungsi untuk menahan media tanam dari siraman air sehingga tidak terbawa ke luar bersama air melalui lubang di dasar pot.
  8. Masukkan media tanam ke pot hingga setengah bagian.
  9. Taruh tanaman yang media tanamnya sudah dikurangi ke dalam pot.
  10. Tambahkan lagi media tanam hingga mendekati bibir pot.
  11. Siram media tanah dan tanamannya hingga terlihat basah agar tanamannya kokoh.
Baca Juga:  Cara Menilai Kualitas Bonsai

 

Loading...

 

 

 

Loading...
Loading...