Cara Menggunakan Pupuk Bonsai

Pertanianku — Bonsai merupakan tanaman hidup yang membutuhkan pupuk agar pertumbuhannya dapat terus berjalan dan pohon tidak mati. Selain itu, bonsai biasanya dipelihara pada media tanam yang tidak terlalu besar untuk menunjang penampilan pohon. Hal tersebut membuat Anda harus rutin memberikan pupuk bonsai sebagai asupan makanan bagi pohon.

pupuk bonsai
foto: pixabay

Beberapa ada yang beranggapan bonsai seharusnya memang dikurangi pemberian pupuknya agar tanaman tetap kecil. Padahal, yang benar adalah bonsai yang tumbuh subur karena mendapatkan asupan makanan melalui pupuk.

Semua pupuk bonsai pada dasarnya sudah memiliki tiga unsur penting, yaitu N, P, dan K. Unsur N adalah unsur terbanyak yang dibutuhkan oleh tanaman bonsai karena berkontribusi penting untuk pertumbuhan dan penampilan daun tanaman. Unsur P berfungsi untuk pembungaan dan pembuahan. Sementara itu, K bertugas untuk menjaga pertumbuhan akar.

Dalam setiap kemasan pupuk bonsai biasanya tertulis tiga angka seperti 20-10-5. Artinya, kandungan N dalam pupuk tersebut sebanyak 20 persen, P sebanyak 10 persen, dan K sebanyak 5 persen. Selain ketiga unsur tersebut yang harus ada, dalam pupuk bonsai juga harus mengandung unsur mikro atau pelengkap.

Sebaiknya, gunakan pupuk organik karena selain dapat menyuplai makanan ke pohon, penggunaan pupuk organik dapat mempertahankan penampilan media tanam tetap terlihat natural dan sehat. Penggunaan pupuk kimia dapat membuat media tanam menjadi asam dan mengeras. Anda juga masih bisa menggunakan pupuk kimia untuk memacu pertumbuhan. Namun, penggunaannya harus digabung bersama pupuk organik.

Ada beberapa produk pupuk yang bertuliskan slow relase atau bisa dipakai dalam jangka panjang. Pupuk ini lebih dianjurkan untuk digunakan karena tidak akan merepotkan Anda untuk terus memberikan pupuk. Cukup tiga bulan atau enam bulan sekali. Namun, Anda harus perhatikan penggunaan dosis betul-betul. Dosis tinggi yang diberikan pada tanaman yang masih kecil dapat mematikan tanaman.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Penyakit Busuk Lunak Bunga Anggrek

Pupuk daun yang digunakan juga bisa menyuburkan tanaman meskipun jarang digunakan oleh pehobi bonsai. Frekuensi pemberian pupuk diberikan sebanyak seminggu sekali atau dua minggu sekali. Pupuk ini hanya bersifat sebagai pupuk tambahan. Pemberiannya dilakukan pada sore hari setelah matahari terbenam. Anda harus memberikannya sesuai dengan petunjuk yang tertera di kemasan.

 

 


loading...