Cara Menghasilkan Benih Pepaya California Berkualitas

Pertanianku — Saat ini cukup banyak peminat pepaya california dan tak sedikit pula yang penasaran cara membudidayakannya. Perlu Anda ketahui, keberhasilan budidaya salah satunya sangat bergantung pada benih tanaman itu sendiri. Namun tak perlu khawatir, Anda sendiri bisa menghasilkan benih pepaya california berkualitas.

benih pepaya california berkualitas
Foto: Google Image

Benih pepaya yang berkualitas akan menghasilkan buah pepaya yang berkualitas dan terjamin keamanannya. Untuk mendapatkan benih pepaya california yang berkualitas, dapat dilakukan penyerbukan buatan dengan cara kawin silang terpilih.

Pastikan persilangan tanaman induk dilakukan antara tanaman berbunga sempurna dan tanaman berbunga sempurna pula agar tanaman yang dihasilkan berbunga sempurna (tipe elongata). Hasil silang ini peluangnya mencapai 2/3 dari total biji yang dikecambahkan. Prosesnya bisa dilakukan sebagai berikut.

Loading...

Pilih pohon pepaya yang berbunga terus-menerus, pilih yang bunganya elongata dan hampir mekar. Bungkus bunga menggunakan kantung plastik agar tidak diserbuki oleh bunga lain secara alami.

Saat bunga mekar, lakukan penyerbukan buatan dengan bunga jantan terpilih dengan cara dioles putar bagian atasnya. Dengan penyerbukan buatan ini, akan dihasilkan keturunan yang elongata dengan perbandingan 1 : 2. Bunga elongata yang diserbuki oleh bunga jantan akan menghasilkan benih jantan, betina, dan sempurna (hermafrodit) dalam jumlah sama.

Setelah matang sempurna, buah hasil persilangan dipetik. Setelah dipetik, buah dipotong 1/3 bagian di pangkal. Biji 2/3 bagian buah sampai ke ujung layak dipakai untuk benih.

Belah dua buah pepaya tersebut secara melintang, keluarkan biji-biji, lalu cuci sampai bersih selaput yang menyelimuti biji hingga bersih. Selanjutnya, kering anginkan biji di tempat teduh.

Selain itu, selaput biji juga dapat dibersihkan dengan difermentasi. Caranya, biarkan begitu saja biji selama 2—3 hari. Lalu, cuci dengan air mengalir sehingga bersih dari selaput pembungkusnya. Setelah bersih, biji dikeringanginkan agar pertumbuhan biji cepat dan seragam.

Baca Juga:  Pedoman Singkat Panen Tomat
Loading...
Loading...