Cara Menghasilkan Kutu sebagai Pakan Burung Walet

Pertanianku — Sama seperti makhluk hidup lainnya, burung walet akan menghampiri lokasi yang menyediakan banyak sumber makanan. Burung walet ternyata menyukai kutu. Itu sebabnya tempat yang memiliki kutu sebagai pakan burung walet bisa memikat perhatian burung yang menghasilkan sarang mahal ini.

pakan burung walet
foto: Pertanianku

Kutu yang dapat menjadi pakan burung walet dapat dihasilkan dengan cara mudah dan murah, yakni menggunakan dedak yang agak kasar. Dedak ini berkarakter memiliki banyak menir dan tidak bau apek. Dedak tersebut dihasilkan dari mesin penggilingan beras.

Penggunaan dedak untuk menghasilkan serangga di dalam rumah walet tidak akan menimbulkan efek samping yang buruk untuk walet. Meskipun pada bulan pertama keberadaan dedak dapat menyebabkan suhu di dalam ruangan panas seperti memakai pupuk kandang. Namun, suhu tersebut akan menurun setelah sebulan.

Sampai saat ini dedak masih digunakan untuk memancing dan membuat walet betah berlama-lama di dalam sarang. Tidak hanya di dalam rumah walet, dedak tersebut juga bisa diletakkan di halaman gedung atau di daerah arena bermain walet (rooving area).

Cara menyediakan dedak untuk memancing kedatangan kutu cukup mudah dilakukan. Dedak-dedak yang sudah terpilih dapat dimasukkan ke karung-karung beras berukuran 40 kg atau ember-ember karet. Karung tersebut tidak perlu ditutup, Anda bisa membiarkannya terbuka dengan cara bagian atas digulung.

Karung-karung yang berisi dedak tidak boleh sampai terkena air karena dedak yang berada di dalamnya akan menggumpal. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kutu tidak bisa tumbuh.

Kutu-kutu kecil akan bermunculan setelah dua minggu dedak dibiarkan. Kutu berwarna cokelat dan beterbangan. Kutu-kutu ini sangat disukai oleh walet sehingga dapat memancing kedatangan walet untuk bersarang.

Baca Juga:  Segudang Gizi Susu Kambing yang Rendah Laktosa

Kutu yang dihasilkan dari dedak hanya satu jenis. Agar walet betah berlama-lama di dalam sarang, sebaiknya sediakan kutu-kutu atau serangga yang beragam. Oleh karena itu, Anda dapat menambahkan gaplek yang dicacah kecil-kecil di atas dedak. Gaplek tersebut dapat menghasilkan kutu berwarna putih.

Selain gaplek, Anda juga bisa menambahkan nanas di dalam gedung. Potongan nanas dapat menghasilkan rametuk dan aromanya mengundang serangga lain untuk datang.

Namun, tidak semua jenis kutu dapat dijadikan pakan burung walet. Ada jenis kutu yang justru berbahaya bagi walet, yakni kutu busuk yang dapat mengisap darah walet sehingga menyebabkan burung menjadi lemah dan akhirnya mati.