Cara Menghasilkan Minyak Atsiri Serai

Pertanianku — Serai bisa tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 50—2.700 mdpl. Ada dua jenis serai yang bisa Anda jumpai, yaitu serai dapur dan serai wangi. Serai termasuk tanaman yang bisa menghasilkan minyak atsiri beraroma. Minyak atsiri serai sering digunakan untuk keperluan obat herbal.

minyak atsiri serai
foto: Pertanianku

Bagian yang bisa diolah untuk menghasilkan minyak atsiri adalah daun serai. Daun serai yang bisa digunakan sudah mencapai 1—1,5 meter dan telah berumur 6—9 bulan.

Daun serai yang akan diolah harus dirajang terlebih dahulu hingga panjangnya menjadi 10—15 cm. Sebenarnya, daun serai bisa tidak harus selalu dipotong terlebih dahulu karena daun serai bersifat elastis dan fleksibal. Setelah itu, daun dikeringkan dengan cara diangin-anginkan. Setelah kering, bahan daun serai sudah siap disuling.

Pembuatan minyak atsiri serai bisa dilakukan dengan proses penyulingan. Pertama-tama, masukkan air terlebih dahulu ke alat penyulingan hingga batas yang diinginkan. Masukkan air ke water and steam distillation hingga mendekati batas sarangan. Setelah itu, masukkan bahan daun serai yang kering ke ketel suling.

Sebelum proses penyulingan dilakukan, Anda harus memastikan semua sambungan seperti sambungan pada lubang inlet ataupun outlet sudah tertutup dengan rapat. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya kebocoran sehingga semburan liar uap keluar dari dalam mesin. Kondisi tersebut dapat menyebabkan uap atsiri banyak yang terbuang sehingga minyak atsiri yang dihasilkan semakin berkurang.

Setelah instalasi dipastikan aman, Anda sudah bisa menyalakan api hingga suhu di dalam mesin mencapai ukuran yang diinginkan. Minyak atsiri sudah akan terlihat setelah air rebusan mendidih. Minyak tersebut akan mengarah ke tabung pemisah.

Lama penyulingan minyak atsiri daun serai bergantung pada jumlah bahan serta kapasitas ketel yang digunakan. Minyak yang sudah keluar harus segera ditampung ke dalam wadah, misalnya dengan menggunakan botol dengan mulut yang berukuran kecil. Penampungan minyak harus segera dilakukan untuk menghindari penguapan minyak atsiri yang dapat menyebabkan volume minyak berkurang.

Baca Juga:  Cara Mengajukan KUR untuk Membiayai Usaha Tani Cabai

 

 

 

 

 


loading...