Cara Menghilangkan Tulang Ikan di Kerongkongan

Pertanianku — Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi ikan adalah tulang ikan. Jika Anda tidak berhati-hati, tulang ikan dapat tertelan. Tulang ikan yang keras bisa menyangkut di kerongkongan sehingga menimbulkan rasa sakit. Berikut ini cara menghilangkan tulang ikan dengan mudah agar rasa sakit tidak berlanjut.

cara menghilangkan tulang ikan
Foto: freepik

Hal yang perlu Anda ingat adalah jangan sekali-kali hendak mengambil secara langsung tulang ikan tersebut dengan menggunakan tangan. Cara tersebut bisa berakibat fatal, mulai dari infeksi hingga cedera pada kerongkongan.

Gesekan yang terjadi antara tulang ikan bisa membahayakan kerongkongan. Selain itu, kebersihan tangan Anda pun tidak terjamin secara klinis.

Loading...

Cara mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan berdeham atau melakukan batuk kecil. Jika tulang ikan berukuran kecil, cara ini bisa berhasil mengeluarkan tulang dari kerongkongan dengan mudah.

Namun, cara ini tak sepenuhnya berhasil. Kadang kala, tulang ikan sudah masuk terlalu dalam ke kerongkongan sehingga sulit dijangkau. Selain itu, ukuran tulang ikan juga memengaruhi tingkat kesulitan saat mengeluarkannya kembali.

Anda bisa membuat campuran air dan garam sebagai langkah berikutnya. Minum campuran tersebut secara perlahan. Diharapkan, duri akan ikut tertelan bersama air garam yang Anda konsumsi. Untuk mengurangi rasa sakit, Anda bisa menggunakan air hangat sebagai pelarutnya.

Jika cara tersebut masih belum berhasil, Anda bisa membuat kepalan nasi berukuran kecil. Telan kepalan nasi hangat tersebut tanpa dikunyah terlebih dahulu. Usahakan ukuran kepalan nasi cukup untuk satu kali telan. Ukuran yang terlalu besar akan menyulitkan saat ditelan dan justru berisiko menyebabkan Anda tersedak.

Nasi hangat bisa mendorong tulang ikan masuk ke sistem pencernaan. Setelah menelannya, minumlah air putih untuk mendorong nasi menuju kerongkongan lebih dalam.

Baca Juga:  Mengupas Manfaat Teri Bagi Kesehatan Gigi

Penggunaan kepalan nasi hangat biasanya berhasil menyingkirkan duri ikan dari kerongkongan. Bila masih tidak berhasil, Anda dapat mengganti kepalan nasi hangat tersebut menggunakan pisang. Tekstur pisang yang lebih halus diharapkan mampu mendorong duri ikan.

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan bila duri ikan tak kunjung lepas adalah dengan mengunjungi dokter THT terdekat. Bila diperlukan, dokter akan melakukan pemeriksaan rontgen untuk melihat posisi tulang yang menyangkut. Penanganan pun akan diberikan berdasarkan prosedur. Jangan sepelekan masalah ini agar tidak menimbulkan infeksi yang berujung fatal.

Loading...
Loading...