Cara Menghindari Itik Stres Terkait Pakan

Pertanianku— Pakan itik tidak hanya cukup diberikan setiap hari karena jika cara pemberiannya salah, akan menyebabkan itik stres. Itik yang stres dapat lebih mudah terserang penyakit karena tubuhnya lemah. Akhirnya, Anda perlu melakukan tindakan pengobatan yang dapat membuat biaya produksi bertambah dan menyita waktu.

itik stres
foto: Pertanianku

Daripada mengobati, lebih baik mencegah. Berikut ini hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika memberikan pakan itik agar ternak tidak stres.

Penuhi nutrisi

Itik yang sedang berada dalam masa bertelur harus dipenuhi seluruh kebutuhan nutrisinya agar telur yang dihasilkan bagus dan induk tidak mengalami kekurangan nutrisi.

Jangan sampai telat

Jadwal pemberian pakan harus dilakukan secara rutin dan jangan sampai berubah-ubah. Itik merupakan hewan yang sangat peka dengan perubahan jadwal pemberian pakan. Jangankan waktu pemberian, bahkan itik bisa mengetahui bahan dedak yang digunakan berasal dari daerah yang berbeda. Kedua kondisi tersebut dapat memengaruhi konsumsi pakan sehingga menyebabkan itik menjadi stres.

Lakukan perubahan pakan secara bertahap

Apabila Anda sudah harus melakukan perubahan pakan, lakukan secara bertahap terlebih dahulu sebelum pakan habis. Misalnya, pada minggu pertama masih menggunakan 75 persen pakan lama dan 25 persen pakan baru. Porsi pakan lama akan berkurang seiring berjalannya waktu dan porsi pakan baru akan bertambah seiring berjalannya waktu. Di minggu ke-4 Anda sudah bisa menggunakan pakan baru secara penuh.

Campur pakan secara merata dan seragam

Pencampuran pakan sebaiknya dilakukan satu minggu sekali secara merata dan seragam. Pasalnya, jika pakan dicampur setiap hari, akan rawan menyebabkan keseragaman pakan menjadi berbeda-beda.

Hindari pergantian pekerja

Sebaiknya yang memberikan pakan adalah pekerja yang sama karena pergantian pekerja juga bisa membuat itik stres. Setiap pekerja memiliki perlakuan yang berbeda-beda. Untuk mensiasati kondisi pekerja yang berganti-ganti, Anda bisa mencegah itik stres dengan menggunakan pakaian yang sama ketika ingin memberikan pakan. Itik menyukai warna kecokelatan sehingga jika Anda menggunakan pakaian tersebut bisa membuat itik merasa lebih nyaman.

Baca Juga:  Jurus Beternak Ayam Elba agar Berproduksi Sesuai Harapan