Cara Menghindari Jamur Beracun


Pertanianku – Seperti kita ketahui bahwa tidak semua jamur dapat dimakan dan tidak membahayakan. Beberapa jenis jamur diketahui sebagai jamur beracun (toadstools). Bagaimana kita dapat membedakan jenis jamur yang beracun dan yang dapat dimakan? Hingga saat ini diketahui tidak ada satu uji coba pun yang dapat membedakan jamur beracun atau tidak, kecuali dengan analisis kimia atau penelitian.

Cara Menghindari Jamur Beracun

Cara terbaik bagi pemburu jamur untuk membedakan jenis beracun atau tidak adalah dengan mengidentifikasi jamur yang tidak diketahuinya dengan bantuan kunci atau ahli jamur untuk menentukan bahwa jenis jamur tersebut tidak berbahaya. Uji perak (silver test) merupakan uji yang tidak menjamin kebenarannya. Berdasarkan uji tersebut, jamur beracun yang bila dimasak bersama dengan sendok yang terbuat dari perak akan mengubah warna perak menjadi kehitaman. Namun, uji ini tidak berlaku bagi Amanita phalloidies karena sendok perak tetap tidak berubah warna saat dimasak bersama. Padahal orang yang memakan jamur ini walaupun hanya sesendok saja sudah dapat membahayakan nyawanya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membantu menghindari keracunan akibat jamur beracun antara lain sebagai berikut.

1)Hindari pengumpulan jamur yang berada dalam stadia kancing (button) karena pada stadia tersebut sulit untuk membedakan jenis yang satu dengan yang lain.

2) Hindari jamur yang tumbuh pada kotoran binatang dan yang bilahnya berwarna cokelat atau kehitaman.

3) Selalu mulai dengan mencicipi sepotong kecil jamur walaupun telah diketahui jamur tersebut dapat dimakan.

4) Hidari memakan jamur yang bila dipotong mengeluarkan cairan berwarna putih susu.

5) Walaupun tidak selalu, hindari jamur yang berbau tidak enak.

6) Jangan memakan jamur yang sudah dalam stadia sangat lanjut atau hampir busuk walaupun diketahui jamur tersebut dapat dimakan.

Baca Juga:  Sensasi Kopi Rasa Tembakau, Bagaimana Rasanya Ya?

7) Penampilan dan bau bukan petunjuk untuk mengetahui jamur tersebut dapat dimakan atau tidak. Aneka macam jamur. Beberapa di antaranya ada yang beracun

8) Jamur yang menampakkan bekas gigitan kelinci atau binatang lain bukan jaminan bahwa jamur tersebut tidak beracun.

9) Jangan memakan jamur yang belum dimasak.

 

Sumber: Buku budidaya jamur merang

loading...
loading...