Cara Mengolah Belut Anti-amis Favorit Keluarga

Pertanianku — Salah satu jenis ikan air tawar ini jadi primadona. Olahannya pun beragam, mulai dari sambal belut sampai keripik belut. Anda pun bisa mengolah belut sendiri dengan mudah. Salah satunya dengan mempelajari cara mengolah belut agar terhindar dari bau amis.

cara mengolah belut
Foto: pixabay

Saat membeli belut, sering kali tidak diketahui apakah belut tersebut merupakan belut yang dibudidayakan atau belut yang ditangkap dari sawah. Cara mengolah belut yang benar bisa membuat belut menjadi lebih nikmat dan rasa gurih khas belut menjadi lebih terasa.

Pertama, pastikan belut sudah mati. Cara melakukannya adalah dengan memukul kepala belut hingga hewan licin ini tak lagi bergerak. Lakukan ke seluruh belut yang Anda miliki. Biasanya, belut akan tetap bergerak walaupun sudah mati. Namun, gerakan ini tidak berarti dan hanya refleks dari tubuhnya.

Loading...

Cara kedua, bersihkan bagian dalam belut. Seluruh bagian dalam perut belut harus dibuang. Belah bagian tengah perut dan buang semua isinya. Pastikan belut bersih dengan membersihkannya dengan air.

Setelah dibersihkan, cara kedua adalah dengan merendam belut dalam air jeruk nipis dan garam. Lakukan perendaman ini selama kurang lebih 20 menit. Perendaman ini bertujuan membuang lendir yang ada pada belut.

Langkah berikutnya adalah dengan membersihkan ulang belut dari lendir. Gunakan air bersih untuk memisahkan belut dari lendir dan sisa air jeruk nipis dan garam.

Agar terhindar dari bau amis, Anda bisa menggunakan bawang putih dalam jumlah yang banyak. Rasa belut pun akan lebih gurih dan terbebas dari rasa amis. Buatlah campuran bawang putih, garam, dan merica yang dihaluskan, kemudian balurkan pada belut hingga merata.

Cara ketiga, sajikan belut dalam bentuk kering. Belut yang digoreng kering bisa membuat rasa amisnya benar-benar hilang. Selain itu, bagian tulang belut pun menjadi bisa dimakan sekaligus.

Baca Juga:  Sejak 2014, KKP Tenggelamkan 516 Kapal Ilegal

Anda bisa menggoreng belut hingga kering dengan melapisinya dengan adonan tepung terlebih dahulu. Olahan ini akan menjadikan belut sebagai keripik belut. Sementara, bila Anda ingin membuat belut goreng biasa, bumbu bawang putih, garam, dan merica yang tadi sudah diberikan sudah cukup untuk membumbui rasa belut menjadi lezat.

Belut biasa disajikan dengan sambal dan nasi hangat. Sajikan saat belut masih baru matang bersama keluarga.

 

Loading...
Loading...