Cara Mengolah Biji Nangka Jadi Tepung yang Bermanfaat


Pertanianku — Siapa sangka, ternyata biji nangka bisa dijadikan tepung yang dapat dimanfaatkan layaknya tepung biasa. Tepung biji nangka sangat bermanfaat jika Anda ingin membuat pangan dari cara yang berbeda. Namun, bagaimana cara mengolah biji nangka agar menjadi tepung?

cara mengolah biji nangka
Foto: Shutterstock

Tahukah Anda? Cara yang digunakan untuk membuat tepung biji nangka ini terbilang sederhana sehingga sangat mudah untuk dilakukan. Nah, cara membuat tepung biji nangka bisa Anda tiru dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Cuci biji nangka pada air yang mengalir sampai bersih dan tidak ada yang licin lagi.
  • Rebus biji nangka pada air mendidih selama 10—15 menit untuk menghilangkan getahnya. Tambahkan arang dari batok kelapa untuk menghilangkan bau nangkanya. Karbon dari arang akan menyerap zat bau dari nangka.
  • Tiriskan dan dinginkan biji nangka yang telah matang, kemudian irislah tipis-tipis dengan ketebalan 2—3 mm agar mudah dikeringkan.
  • Jemur biji nangka di bawah sinar matahari selama 3—4 hari atau sampai dirasa cukup kering. Haluskan irisan biji nangka yang telah kering menggunakan blender sampai menjadi bubuk atau tepung.
  • Ayak menggunakan penyaring untuk memisahkan bagian tepung yang halus dan yang kasar. Kumpulkan yang kasar kemudian diblender lagi untuk memperoleh tepung yang halus.

Tidak terlalu sulit bukan? Selamat mencoba.

Baca Juga:  Cara Mengolah Kulit Buah Kakao untuk Pakan Ternak