Cara Mengolah Sarang Burung Walet untuk Panganan Herbal


Pertanianku Sarang burung walet dipercaya memiliki jutaan manfaat baik untuk kesehatan. Bahkan, dapat mengatasi berbagai penyakit. Sudah banyak orang yang mengetahui manfaatnya. Namun, tak sedikit pula yang tidak mengetahui cara mengolah sarang burung walet itu sendiri sebagai panganan herbal yang menyehatkan.

Sarang burung walet
Foto: Shutterstock7

Manfaat sarang burung walet untuk tubuh kita, yakni dapat menjaga imun tubuh ataupun untuk memperbaiki imun tubuh yang rusak (sakit). Cara ini terbukti efektif mengobati segala macam jenis penyakit yang apabila obat dari dokter tidak mempan lagi atau tidak memberi efek sembuh.

Nah, berikut ini akan diulas mengenai cara mengolah sarang burung walet agar Anda dapat merasakan manfaatnya yang luar biasa.

  • Sediakan paling sedikit 2 buah sarang burung walet (beli langsung kepada orang yang memiliki rumah walet di wilayah sekitar agar keasliannya terjamin).
  • Rendam sarang walet dalam air bersih. Kemudian, setelah sarang walet lemas, buang segala macam yang menempel di sarang tersebut.
  • Setelah dirasa bersih, bilas sekali lagi dengan air mengalir.
  • Taruh sarang burung walet yang sudah bersih di dalam tempat air minum, lalu tambahkan air secukupnya.
  • Air rendaman sarang burung walet siap dikonsumsi tiga kali sehari atau lebih.

Untuk dijadikan sebagai obat, dua buah sarang burung walet yang dikonsumsi hanya air rendamannya saja dapat bertahan hingga 6 bulan lebih. Sedikit demi sedikit sarang burung walet menyusut larut bersama air yang kita minum.

Soal rasa, air hasil rendaman sarang burung walet tersebut tidak memiliki rasa sama sekali. Bahkan, sama seperti air minum biasa. Namun, hanya ada sedikit bau seperti bau amis telur, kalau diibaratkan skala dari 10%, baunya hanya 0,5%.

Baca Juga:  Khasiat Jamur Enoki Bisa Jadi Pencegah Kanker

Dibandingkan Anda harus mengonsumsi obat-obatan kimia, lebih baik mengonsumsi ramuan yang dibuat dari sarang burung walet tersebut karena terbuat dari bahan alam. Tidak mengakibatkan efek samping yang buruk dan bebas dari bahan pengawet. Meskipun sarang burung walet sedikit berbau amis.