Cara Mengolah Tempuyung Untuk Pengobatan Penyakit Ginjal


Pertanianku — Tempuyung adalah salah satu tanaman liar yang diketahui memiliki khasiat dalam dunia pengobatan. Tanaman ini bahkan dipercaya dapat meluruhkan batu ginjal. Namun, masih banyak yang belum mengetahui cara mengolah tempuyung untuk pengobatan penyakit ginjal ini.

cara mengolah tempuyung untuk pengobatan penyakit ginjal
Foto: Google Image

Tanaman tempuyung bisa tumbuh dengan baik di daerah yang memiliki ketinggian 50—1.600 m dpl, dengan curah hujan tinggi serta musim panas yang pendek. Tanaman tempuyung memiliki bagian-bagian pohon yang hampir semuanya bisa dimanfaatkan sebagai obat antara lain bagian batang, daun, bunga, dan bijinya.

Tinggi tanaman tempuyung antara 65—150 sentimeter, batang berlubang, berbulu, tekstur lunak, dan mengandung getah berwarna hijau. Daun tempuyung berbentuk lonjong, permukaan daun licin dengan warna hijau keunguan, bagian tepi daun bergigi tak beraturan, dan ujung daun berbentuk runcing.

Tempuyung memiliki bunga berbentuk malay, dengan kelopak menyerupai lonceng. Mahkota bunga terbentuk dari kumpulan jarum berwarna kuning atau putih. Buah tempuyung berbentuk kotak dan berusuk lima, bagian permukaan ditumbuhi bulu hitam yang kemudian akan berubah menjadi biji berukuran kecil dan ringan.

Cara membuat ramuan obat batu ginjal dari daun tempuyung

Untuk bisa mendapatkan khasiat daun tempuyung sebagai ramuan obat penyakit ginjal ginjal, Anda bisa membuat ramuannya sendiri. Berikut ini beberapa cara pengolahan tempuyung sebagai obat herbal untuk menangani penyakit ginjal.

  1. Bahan ramuan pertama

Pada resep ramuan obat ini, Anda hanya perlu menyiapkan daun tempuyung kering sebanyak 250 gram dan air 250 cc. Rebus daun tempuyung sampai mendidih. Air rebusan tersebut bisa Anda minum secara rutin setiap hari dalam keadaan dingin.

  1. Bahan ramuan kedua

Siapkan daun tempuyung segar 5 lembar, daun sawi 5 lembar, daun alpukat 5 lembar, dan gula aren 2 sentimeter.

Baca Juga:  Khasiat Rebung Bambu Kuning Bisa Atasi Batu Ginjal

Cuci terlebih dahulu semua bahan kecuali gula, lalu rebus dengan air 3 gelas sampai air tersisa 2 ¼ gelas. Saring air rebusan tersebut, lalu minum dalam keadaan dingin secara rutin 3 kali sehari masing-masing ¾ gelas.

  1. Bahan ramuan ketiga

Siapkan daun tempuyung 5 lembar, jagung muda 6 buah, air 3 gelas, 2 sentimeter gula aren. Rebus semua bahan sampai tersisas 2 ¼ gelas, saring. Minum air rebusan tersebut 3 kali sehari sebanyak ¾ gelas.