Cara Mengukur pH Air Kolam Arwana

Pertanianku — Derajat keasaman atau pH air kolam arwana harus dipantau perkembangannya tiap seminggu sekali karena bisa berubah seiring berjalannya waktu. Semakin lama proses pemeliharaan dapat membuat pH air kolam berubah menjadi lebih asam. Pengecekan air kolam bisa dilakukan oleh pH tester, kertas pH, atau lakmus.

ph air kolam arwana
foto: Pertanianku

Pengukuran pH air kolam arwana yang menggunakan kertas lakmus dapat dilakukan dengan mencelupkan kertas lakmus ke dalam kolam dan didiamkan selama beberapa detik. Setelah kertas terkena air kolam, kertas akan mengalami perubahan warna menjadi biru atau hijau. Warna biru menunjukkan kondisi pH yang basa, sedangkan warna hijau menunjukkan kondisi asam.

Anda bisa membandingkan warna kertas lakmus dengan warna yang tertera di label untuk mendapatkan tingkat keakuratan yang tinggi. Kertas lakmus sangat mudah didapatkan dengan harga yang murah. Namun, sayangnya pengukuran dengan kertas lakmus tidak seakurat alat pengukur pH lainnya.

Alat lain yang bisa digunakan adalah pH tester. Cara menggunakan pH tester hampir sama dengan penggunaan kertas lakmus, tetapi media yang digunakan adalah larutan. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan 2—3 tetes pH ke sampel air akuarium yang sudah berada di dalam tabung percobaan.

Setelah itu, kocok hingga kedua bahan tersebut homogen dan diamkan selama beberapa saat sehingga terjadi perubahan warna pada sampel air. Perubahan warna tersebut menunjukkan kondisi pH air.

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan pH meter. Alat ini bisa digunakan setiap saat karena cara penggunaannya sangat mudah. pH meter hanya perlu dicelupkan ke dalam air kolam dan didiamkan selama beberapa saat hingga angka pada pH meter berhenti. Alat pH meter dapat menunjukkan skala pH secara langsung sehingga tingkat keakuratannya lebih tinggi dibandingkan alat pengukur lainnya.

Baca Juga:  Hemat Biaya Pakan dengan Membuat Pelet Ikan Lele Sendiri

Pemeriksaan pH air kolam yang dilakukan secara berkala dapat membantu Anda untuk menentukan keputusan untuk mengambil tindakan untuk mengembalikan kondisi pH ke semula secepatnya. Kondisi pH air kolam arwana yang ideal berada di kisaran 6,8—7,5.

 

 


loading...