Cara Mengurangi Populasi Lalat di Kandang Ayam

Pertanianku — Hama merupakan organisme pengganggu yang berpotensi menimbulkan kerugian pada hewan ternak karena bisa menyebabkan hewan sakit, bahkan mati. Kehadiran hama seperti lalat di kandang ayam harus diantisipasi sejak awal untuk meminimalisir serangan dahsyat yang bisa menyerang seluruh hewan ternak di dalam kandang.

lalat di kandang ayam
foto: pertanianku

Serangan hama di peternakan ayam kampung bisa diatasi dengan manajemen yang tepat di dalam kandang. Peternak harus mampu melakukan pencegahan dini untuk mencegah kandang dimasuki hama.

Ada beberapa kondisi yang bisa memancing kehadiran hama di dalam kandang seperti kondisi kandang yang kotor, becek, banyak kotoran, dan berbau. Jika kandang sudah memiliki kondisi tersebut, bisa dipastikan hama lalat akan datang mengerubungi kandang.

Loading...

Lalat yang datang ke dalam kandang peternakan ayam bisa mengganggu kenyamanan ayam dan pekerja di dalam kandang. Selain itu, lalat tersebut juga bisa menjadi pembawa bibit penyakit dari luar ke dalam kandang dan ayam. Tidak hanya membawa, lalat juga bisa menyebarkan penyakit tersebut ke seluruh ternak yang ada di dalam kandang.

Bukan hanya merugikan ayam ternak dan pekerja, lalat yang hadir di kandang ayam bisa menyebabkan protes dari penduduk yang berada di sekitar warga. Hal ini karena lalat tersebut berpotensi menyebar hingga ke pemukiman penduduk. Oleh karena itu, kehadiran lalat di dalam kandang harus diantisipasi secara baik.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan populasi lalat di dalam peternakan. Menjaga kebersihan menjadi kunci utama yang harus dilakukan. Anda harus rajin menjaga kebersihan kandang dan lingkungan di sekitar kandang. Pastikan tidak ada air yang menggenang sehingga menimbulkan becek dan berbau di area kandang dan sekitar peternakan.

Baca Juga:  Hal-hal Penting dalam Ternak Ayam Broiler, Bisnis dengan Segudang Risiko

Periksa selalu kondisi kotoran yang menumpuk di kandang. Kotoran yang basah dapat mengeluarkan aroma amoniak yang menyengat. Aroma tersebut bisa menjadi “pemanggil” lalat untuk hinggap dan masuk ke kandang.

Segera bersihkan sisa pakan yang tidak dimakan oleh ayam dari tempat pakan sebelum menggantinya dengan yang baru. Pastikan porsi pakan yang diberikan sudah sesuai dengan kebutuhan ayam, agar tidak bersisa sehingga mengeluarkan aroma yang bisa memancing lalat datang ke kandang ayam.

Jika kandang sudah dikerubungi oleh lalat yang cukup banyak, Anda harus segera memperbaiki manajemen kandang dan membasmi lalat dengan menaburkan obat antilalat yang sudah banyak dijual di pasaran.

Loading...
Loading...