Cara Menikmati Berondong Jagung dengan Sehat


Pertanianku Popcorn atau berondong jagung menjadi camilan paling asyik ketika menonton film, baik di rumah maupun bioskop. Rasanya juga bisa dimodifikasi menjadi bermacam-macam seperti asin, gurih, keju, dan manis berbalut cokelat.

berondong jagung
Foto: Pixabay

Akan tetapi, sebagai makanan yang terbuat dari biji-bijian jagung utuh dan dilapisi mentega panas, apakah berondong jagung dapat dianggap sebagai makanan sehat? Apakah berondong jagung benar-benar baik untuk Anda?

Melansir Good Housekeeping, Rabu (28/11), berondong jagung yang terbuat dari biji jagung sebenarnya makanan bergizi dan berenergi. Berondong jagung juga mengandung serat dan anti-oksidan karena tergolong makanan nabati. Hal yang membuat berondong jagung menjadi tidak sehat adalah campuran minyak, mentega, keju, garam, atau cokelat. Campuran ini dapat menambah kandungan gula dan lemak jenuh.

Meski rata-rata berondong jagung yang dijual seperti itu, Anda tetap bisa menikmatinya dengan cara yang menyehatkan tanpa rasa bersalah. Caranya, dengan mencari berondong jagung yang memiliki 250 kalori dan tiga gram protein juga serat.

Bagi yang menyenangi berondong jagung tanpa rasa dan berperisa, carilah yang hanya memiliki kandungan 230 miligram natrium dan satu gram lemak jenuh per porsi. Pertimbangkan juga untuk membeli popcorn dengan ukuran kecil.

Mungkin lebih sedikit dan lebih mahal daripada pembelian banyak, tetapi ada pengawasan porsi sehingga Anda tidak tergoda untuk kembali menikmati selama beberapa detik. Tak ada salahnya memilih berondong jagung yang telah diuji di laboratorium gizi karena lezat, bergizi, dan siap disantap dalam hitungan menit.

Jika Anda ingin membuat berondong jagung sendiri di rumah, gunakan sedikit minyak atau mentega. Anda pun bisa sedikit berkreasi seperti campurkan berondong jagung sebagai taburan salad atau sup.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Teh Populer dan Khasiatnya

Selanjutnya, bumbu dapur, seperti bubuk bawang putih, bubuk bawang bombay, bubuk cabai, bubuk lada, atau garam laut bisa digunakan sebagai perisa berondong jagung. Selain itu, Anda bisa mencampurkan berondong jagung dengan ceri kering tanpa pemanis, kenari cincang, dan beberapa potong cokelat hitam. Tempatkan dalam kantong plastik yang dapat ditutup kembali, lalu campurkan bahan-bahan tersebut.

Di sisi lain, Anda bisa memakan berondong jagung dengan takaran satu ons atau 3,5 cangkir berondong jagung. Takaran itu sebenarnya adalah makanan bersodium rendah dengan 140 miligram atau kurang dari per porsi.