Cara Menilai Kualitas Bonsai

Pertanianku— Menilai kualitas bonsai bukanlah perkara yang mudah, terutama bagi masyarakat awam yang hanya mengenal bonsai dari foto tanpa menyelami lebih dalam seni bonsai itu sendiri. Padahal, cara menilai suatu bonsai harus dipahami oleh calon pembeli atau pemeliharanya agar mengetahui baik buruknya bonsai yang akan dibeli atau yang sedang dipelihara.

menilai kualtas bonsai
foto: pixabay

Setelah mengetahui kualitas bonsai, Anda tidak serta-merta harus membuang bonsai yang jelek atau bonsai yang jelek sama sekali serta tidak memiliki harga jual. Bonsai tersebut masih bisa dibentuk dan dirawat selama beberapa waktu lagi untuk mendapatkan bentuk yang indah.

Penilaian bonsai sangat subjektif dan ditentukan oleh jiwa seni seseorang yang melihatnya, sama seperti menilai suatu karya seni pada umumnya. Penilaian bonsai dibagi menjadi dua bentuk, yaitu penilaian yang dilakukan pada bonsai sebagai karya seni dan penilaian yang dilakukan untuk perlombaan.

Loading...

Penilaian yang dilakukan saat tahap pembuatan awal akan memerlukan ketelitian yang tepat. Pemeriksaan harus dilakukan dari semua segi, baik dari budidaya maupun estetika. Misalnya, ada bonsai dari segi budidaya terlihat tampat tua dan cacat, tetapi dari segi keindahan bonsai tersebut belum tentu sesuai.

Bonsai yang baik adalah bonsai yang mencerminkan budaya yang dimiliki oleh si pembuat. Seperti di Bali, pembuat bonsai biasanya akan menciptakan bonsai dengan ukiran khas Bali.

Pada dasarnya, penilaian bonsai yang baik sebelum memerhatikan estetikanya harus merujuk pada beberapa indikator penilaian dasar seperti berikut ini.

  • Batangnya kokoh dengan bentuk lonjong meruncing ke atas dan tumbuh secara alamiah.
  • Dari pangkal batang tumbuh akar-akar yang ujung atau serabut akarnya kuat mencengkeram di tan
  • Semua bagian tanaman tumbuh sehat dan tampak alami.
  • Pot berwarna tunggal dan harus serasi dengan tanaman sehingga menciptakan kesatuan keindahan yang pas. Pot warna-warni bisa digunakan untuk bonsai yang memiliki bunga atau buah.
  • Ukuran pot juga harus serasi dengan besarnya pohon.
  • Kedudukan pohon harus serasi dengan pohon karena dapat membentuk keseimbangan.
  • Bunga atau buah harus serasi dengan besarnya pohon.
  • Batu dan media lain yang ditambahkan harus terlihat alamiah dan rapi.
  • Pohon tidak memiliki cacat fisik.
  • Gaya bonsai yang digunakan sesuai dengan jenis pohonnya.
Baca Juga:  Khasiat Herbal Kembang Telang yang Jarang Diketahui

 

Loading...
Loading...