Cara Meningkatkan Hasil Panen Cabai di Musim Kemarau

PertaniankuMeningkatkan hasil panen cabai di musim kemarau memang cukup sulit. Hal ini karena pada musim kemarau, kadar air akan berkurang sehingga akan membuat tanaman cabai menjadi kering dan mati. Namun, ada cara yang bisa Anda terapkan agar bisa meningkatkan hasil panen.

Meningkatkan hasil panen cabai di musim kemarau
Foto: Pixabay

Seperti kita ketahui, budidaya cabai sangatlah menjanjikan jika menerapkan cara yang benar. Jadi, untuk mendapatkan hasil panen yang baik, Anda perlu berusaha semaksimal mungkin agar tanaman cabai dapat tumbuh subur dan terawat.

Namun ketika musim kemarau tiba, para petani, khususnya petani cabai, akan merasa was-was akan hasil yang akan mereka peroleh. Rata-rata petani banyak yang gagal karena tidak tahu bagaimana cara mengatasi masalah musim kemarau ini. Nah, berikut ini beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan panen cabai di musim kemarau.

Loading...
  1. Lakukan penyiraman rutin

Pada musim kemarau, sumber air akan habis dan kering. Padahal, tanaman membutuhkan air untuk bertahan hidup dan berkembang. Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda harus menyiramnya secara rutin untuk memenuhi kebutuhan air tanaman cabai yang Anda budidayakan. Lakukan penyiraman di pagi atau sore hari. Jangan siram tanaman saat matahari terik karena itu bisa mengakibatkan tanaman layu dan mati.

  1. Berikan asupan nutrisi

Pupuk merupakan asupan nutrisi yang penting bagi tanaman, begitu pula dengan tanaman cabai. Jadi, pemberian pupuk secara berkala dapat meningkatkan kesuburan tanaman dan menghasilkan buah yang melimpah.

  1. Menjaga tanaman dari seragan hama

Jaga tanaman cabai Anda dari serangan hama. Selalu waspada jika ada tanaman yang terserang hama dan penyakit. Segera lakukan penanganan agar Anda bisa memanen cabai dengan maksimal.

  1. Bersihkan gulma yang mengganggu tanaman
Baca Juga:  7 Jenis Lengkeng Unggulan yang Wajib Anda Tahu

Gulma dapat menyerap nutrisi tanaman cabai. Oleh karena itu, Anda harus sesering mungkin membersihkan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman cabai. Dengan kondisi tanaman yang bersih dari gulma, hasil panen pun akan maksimal.

Loading...
Loading...