Cara Menjaga Kebersihan Kandang Sapi dengan Benar

Pertanianku Menjaga kebersihan kandang sapi adalah kegiatan yang sangat penting demi kesehatan ternak, seperti sanitasi. Sanitasi merupakan tindakan yang dilakukan dengan tujuan menjaga kesehatan ternak sapi melalui serangkaian kegiatan kebersihan.

Menjaga kebersihan kandang sapi
Foto: Pexels

Melakukan sanitasi yang baik dan benar secara berkala dapat meminimalisir kejadian penyakit pada ternak sapi, baik yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur maupun mikroorganisme pencemar.

Adapun rangkaian kegiatan kebersihan (sanitasi) yang dapat Anda lakukan setiap hari, yakni dengan selalu membersihkan peralatan yang telah digunakan. Bersihkan peralatan dengan sabun dan menggunakan desinfektan seperti lysol, tepung kapur. Setelah dibersihkan, peralatan langsung dijemur di bawah sinar matahari/UV.


Loading...

Sementara untuk menjaga kebersihan kandang, Anda harus memerhatikan sirkulasi udara. Kandang harus mempunyai ventilasi yang baik agar aliran udara lancar. Hal ini sangat penting dalam pengembangbiakan ternak sapi, terutama sapi potong, yaitu mengurangi kadar amonia pada kandang.

Kandang yang dibangun tidak boleh menghalangi sinar matahari masuk ke kandang. Bangunan kandang harus didesain dengan benar untuk memudahkan pembersihan. Hal ini menjadi penting untuk mengurangi stres pada ternak sapi.

Selain itu, kotoran sapi sebaiknya tidak dibiarkan menumpuk di dalam kandang. Pakan-pakan sisa harus segera dibersihkan dan sisa pakan yang di lantai kandang segera dibuang. Segera membersihkan area genangan air di lantai untuk meminimalisir pertumbuhan mikroorganisme pencemar. Untuk menjaga kebersihan di areal luar kandang, tumpukan sampah ataupun limbah dari kandang segera dibuang.

Jika terjadi perlukaan pada kulit sapi, kotoran dan lalat dapat memperparah keadaannya. Oleh karena itu, Anda harus selalu memantau keadaan kulit sapi. Bila perlu, kotoran yang melekat tebal di kulit/rambut sapi segera dibersihkan dengan cara dimandikan.

Baca Juga:  Kental dengan Imej Daerah, Ini Jenis Sapi Asli Indonesia

Salah satu pengaruh dari kotoran sapi yang melekat di kulit/rambut sapi yang sangat tebal, yaitu mengganggu kenyamanan sapi dan menyulitkan ternak sapi untuk mengatur suhu tubuhnya.

Petugas kandang pun harus menjaga kebersihan dirinya sendiri untuk menghindari penyebarluasan kuman penyakit. Caranya, yaitu membersihkan anggota badan dengan sabun ataupun desinfektan.

Loading...
Loading...