Cara Menjaga Kebersihan Kuku Kuda

Pertanianku — Kuda membutuhkan perawatan kuku untuk menambah nilainya. Oleh karena itu, kuku kuda harus dibersihkan setiap hari saat kuda akan dikandangkan, dikeluarkan dari kandang, atau pada saat kuda akan latihan. Untuk menjaga kebersihan kuku kuda, Anda bisa menggunakan alat congkel.

menjaga kebersihan kuku kuda
foto: unsplash

Pembersihan kuku kuda dimulai dari heel sampai ke bagian toe. Anda harus memastikan kuku kuda sudah bersih dengan cara menekan bagian frog dan bar. Jika kuku sudah bersih, langkah selanjutnya adalah memeriksa tapal apakah masih kuat atau sudah terjadi pembusukan pada kuku.

Pembusukan merupakan penyakit kuku yang disebabkan oleh jamur. Penyakit ini timbul karena adanya jaringan lunak pada bagian clep dari frog atau di sambungan antara frog dan bar.

Loading...

Kuku kuda terkadang bisa berubah menjadi kering dan rapuh. Kuku yang rapuh bisa menyebabkan kuku berlubang dan pada akhirnya menyebabkan kuda menjadi pincang. Kuku yang kering bisa dicegah dengan merendamnya di dalam air.

Jika penyebab kuku mengering adalah penapalan, kuda tersebut bisa diajak berjalan-jalan di lumpur sebanyak 1—2 kali dalam seminggu atau diajak jalan di tanah basah sampai kuku menyerap cairan. Setelah itu, siram dan keringkan kuku, selanjutnya olesi dengan tar.

Tahukah Anda bahwa kekuatan kuku kuda dipengaruhi oleh beberapa hal, di antaranya cuaca, jenis tanah, keturunan, dan aktivitas kuda.

Pada musim panas kuku akan keras dan mengering. Sebaliknya, pada musim dingin, kuku akan melunak sehingga bisa menyebabkan kaki kuda terinfeksi.

Kuda yang sering diajak jalan-jalan di tanah yang bertekstur pasir atau keras dapat menyebabkan kuku menjadi kering dan mengeras. Sementara itu, kuda yang sering berjalan di tanah liat akan menyebabkan kuku lunak dan mudah terinfeksi.

Baca Juga:  Ayam Buras Sudah Ada Sejak Zaman Kerajaan Kutai

Kuda lokal lebih tahan terhadap kondisi lingkungan dibanding kuda yang berasal dari luar negeri atau kuda hasil persilangan.

Kuda yang dipekerjakan untuk suatu tujuan tertentu dengan intensitas yang tinggi akan mengalami pertumbuhan kuku yang tidak normal. Kondisi kuku kuda yang rapi dapat membantu kuda berdiri dengan kokoh sehingga tekanan pada semua kaki menjadi rata. Dengan begitu, tekanan pada bagian tendon akan berkurang dan kuda dapat terhindar dari risiko keselo. Kuku yang sehat dan normal akan tumbuh lebih kurang 1 cm per bulan.

Loading...
Loading...