Cara Menjaga Kebersihan Rumah Kumbung Jamur yang Benar

Pertanianku — Kebersihan rumah kumbung jamur menjadi salah satu kunci keberhasilan budidaya yang harus dipenuhi. Meskipun rumah kumbung jamur tertutup, tetapi jamur di dalamnya tetap berpotensi terkena kontaminasi dari luar apabila tidak dijaga dengan baik. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kebersihan secara rutin dan benar. Berikut ini beberapa cara menjaga kebersihan rumah kumbung yang benar.

rumah kumbung jamur
foto: Pertanianku

Jaga kualitas udara yang masuk dan keluar

Untuk menjaga kualitas udara yang masuk dan keluar bisa dilakukan dengan menggunakan kasa nyamuk pada jendela yang sedang dibuka. Selain itu, gunakan pintu dan jendela yang dapat ditutup dengan rapat.

Cegah kotoran dari alas kaki yang digunakan

Gunakan keset yang sudah dibasahi karbol 2 persen atau kloroks 2 persen pada pagi hari. Keset ini berguna untuk menghilangkan kotoran yang biasanya terdapat di bawah alas kaki.

Teras kumbung

Teras kumbung harus sering dibersihkan dari kotoran atau sisa merang/kapas/dedak. Jika pada teras sudah ditumbuhi banyak cendawan oncom Manilla atau Rhizpus atau kontaminan lain, rumah kumbung perlu dicuci kemudian disterilkan.

Sterilisasi dapat dilakukan dengan larutan formalin 2 persen, kemudian dibiarkan selama 24 jam. Saat pengaplikasian formalin, Anda perlu menutup hidung karena uap formalin tersebut membahayakan kesehatan.

Pantau secara rutin kondisi rumah kumbung

Kondisi rumah kumbung harus dipantau secara rutin dari serangan lalat, tungau, dan tikus. Lalat dan tungau bisa membawa spora kontaminan yang merugikan jamur. Selain itu, perhatikan juga ayam ternak, jangan sampai dibiarkan masuk ke kumbung.

Kebersihan pekerja

Pekerja yang akan masuk ke rumah kumbung harus mencuci tangan dan kaki, berpakaian bersih, dan memperlakukan jamur secara benar penuh kasih sayang, seperti saat membersihkan kumbung dan memetik jamur. Pekerja sebaiknya tidak keluar masuk kumbung terlalu sering, apalagi berpindah dari satu kumbung ke kumbung lain. Pasalnya, hal tersebut bisa mempercepat pencemaran.

Baca Juga:  Cara Membuat Minyak Pala

Jangan memungut kompos yang jatuh

Jika Anda menemui kompos yang berceceran di lantai, kompos tersebut tidak boleh diletakkan ke rak jamur yang sudah disterilisasi.

Panen jamur

Panen jamur harus dilakukan dengan keranjang yang bersih dan tidak tercemar oleh lalat atau hama lain yang berpotensi menjadi kontaminan.