Cara Menjaga Kualitas Bunga Cengkih yang Sudah Dipanen

Pertanianku — Cengkih merupakan salah satu komoditas ekspor yang memiliki prospek menjanjikan. Cengkih yang sudah dikeringkan memiliki banyak manfaat, selain digunakan sebagai bahan baku pembuatan rokok kretek. Kuntum bunga cengkih yang baru saja dipanen bisa dijual dalam bentuk kering utuh, serbuk oleoresin, atau minyak.

bunga cengkih
foto: pertanianku

Minyak yang dihasilkan dari penyulingan serbuk kuntum cengkih sering digunakan sebagai bahan baku industri farmasi, penyedap masakan, dan wangi-wangian. Di pasar ekspor, minyak yang berasal dari daun cengkih memiliki banyak peminat karena merupakan sumber eugenol yang relatif murah. Minyak daun cengkih biasanya digunakan unutk membuat vanili sintetik.

Untuk mendapatkan hasil panen berkualitas, Anda perlu menjaga kualitas bunga cengkih yang sudah dipanen agar kualitasnya tidak menurun dan menyebabkan harga jualnya rendah. Bunga cengkih yang sudah dipanen sebaiknya langsung diolah untuk menjaga kesegaran hasil panen.

Loading...

Bunga yang sudah dipanen segera dipisahkan dari gagangnya. Pada kegiatan ini membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi agar tidak merusak kuntum bunga. Selain itu, jangan sampai bunga tercampur dengan gagangnya.

Jika dalam kumpulan bunga terdapat gagangnya lebih dari 5 persen, kualitas cengkih akan menurun dan masuk ke kelas II. Demikian pula jika gagangnya tercampur dengan bunga. Jika gagangnya tercampur bunga, harga jualnya jadi sangat rendah, bisa-bisa hanya ¼—1/10 harga bunga cengkih.

Setelah dipisahkah, cengkih dijemur di bawah sinar matahari dengan alas berupa tampah atau tikar bambu. Lama pengeringan bergantung pada cuaca dan ketebalan lapisan cengkih yang sedang dijemur. Biasanya, cengkih dijemur selama 5—7 hari untuk mendapatkan kondisi kering yang laku di pasaran atau kadar airnya hanya tersisa 12 persen. Ciri-ciri cengkih yang sudah kering adalah mudah dipatahkan.

Baca Juga:  Apakah Tabulampot Jambu Air Madu Deli Bisa Dipindahkan ke Lahan?

Cengkih juga bisa dikeringkan dengan mesin pengering. Namun, biaya yang dikeluarkan untuk pengeringan akan jauh lebih mahal dan cengkih tidak bisa mencapai tingkat kering patah. Namun, kelebihannya ialah cengkih bisa disimpan selama satu bulan tanpa mengalami penurunan kualitas dan bisa dikeringkan ulang di bawah sinar matahari.

Setelah kering, cengkih tersebut sudah siap disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama dan beratnya tidak akan susut.

Loading...
Loading...