Cara Menjernihkan Air Akuarium Secara Alami


PertaniankuCara menjernihkan air akuarium bisa dilakukan secara mandiri dengan alat dan bahan yang mudah untuk didapatkan. Akuarium biasanya digunakan sebagai hiasan untuk membuat ruangan menjadi lebih hidup dan cantik. Oleh karena itu, kebersihan pun sangat perlu untuk dijaga untuk menunjang kejernihan dari akuarium.

Cara menjernihkan air akuarium
Foto: Shutterstock

Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan sebagai bahan referensi dalam upaya menjernihkan air akuarium agar selalu terlihat cantik sebagai penghias ruangan.

  1. Berilah makan hewan peliharaan secukupnya

Pemberian makanan sangat berpengaruh pada kejernihan air akuarium. Perhatikan kapan waktu yang tepat untuk memberi makan dan berapa kali makanan harus diberikan. Jika Anda terlalu sering memberi makan, akan membuat keruh air yang ada.

  1. Ganti air akuarium secara rutin

Melakukan penggantian air secara rutin sangat diperlukan untuk menjaga kejernihan air dan juga untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan. Gantilah air akuarium minimal satu minggu sekali. Ini karena kotoran yang dihasilkan oleh hewan peliharaan Anda akan menyebabkan kondisi air menjadi lebih cepat keruh.

Jangan lupa lakukan pembersihan secara menyeluruh pada area permukaan kacanya, baik pada bagian permukaan dalam maupun luar. Bersihkan juga batu-batu kerikil serta aksesoris-aksesoris lain dengan sikat agar tidak memicu timbulnya kotoran dalam waktu yang relatif cepat.

  1. Gunakan filter untuk menjaga kejernihan air

Filter merupakan alat yang tepat digunakan pada akuarium. Filter akan bekerja dengan cara menyaring semua kotoran di akuarium. Selain itu, filter sangat berguna dalam upaya menyediakan pasokan oksigen karena adanya perputaran air yang menimbulkan gelembung-gelembung penghasil oksigen.

  1. Ganti spons ataupun kain yang ada pada filter

Untuk lebih mempermudah perawatan filter agar air akuarium tetap jernih, Anda harus rajin mencuci spons ataupun kain penyaring yang ada pada bagian filter. Segera cuci jika dirasa spons atau kain filter sudah terlihat kotor. Untuk mengantisipasi pencucian yang memakan waktu lama, Anda harus mempunyai spons cadangan atau kain filter lebih dari satu.

  1. Menggunakan arang
Baca Juga:  Tips Budidaya Lobster hias di Akuarium dengan Mudah

Arang yang selama ini hanya digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak, ternyata bisa digunakan untuk menjaga kejernihan dan kesehatan hewan yang hidup di dalam akuarium. Sebelum Anda menggunakannya, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa arang sudah terbebas dari debu ataupun kotoran lain.

Letakkan beberapa arang di dalam kotak filter yang telah disediakan. Air yang masuk ke filter dan terkena arang akan masuk ke akuarium. Nah, kandungan zat yang terdapat dalam arang bisa membantu membuat kondisi air menjadi lebih jernih, sehat dan juga bebas klorin.