Cara Mensterilkan Pasir untuk Media Tanam


Pertanianku — Media tanam merupakan salah satu hal pokok untuk bercocok tanam. Saat ini, pasir sering digunakan sebagai media tumbuh alternatif penganti tanah. Kelebihan media tanam menggunakan pasir, yaitu mudah untuk digunakan serta bisa meningkatkan sistem aerasi dan juga drainase media tumbuh. Namun demikian, mensterilkan pasir untuk media tanam itu sangat penting.

mensterilkan pasir
Foto: Google Image15

Untuk bahan pasir yang sering digunakan adalah pasir malang, pasir bangunan, dan juga pasir kali berwarna hitam. Sementara, pasir pantai atau semua jenis pantai dari daerah bersersalinitas tinggi merupakan pasir yang harus dihindari karena memiliki kadar garam tinggi meskipun sudah dilakukan pencucian.

Untuk mensterilkan pasir, langkah awal yang harus Anda lakukan sangat mudah, yaitu dengan menyediakan pasir malang, pasir halus, atau bisa juga menggunakan pasir kali berwarna hitam.

Ayak pasir yang sudah tersedia, lalu untuk memperoleh hasil maksimal gunakan pengayak pasir berukuran lima mesh. Semisal ayakan lima mesh susah ditemukan, dapat dilakukan pengayakan berulang-ulang hingga diperoleh hasil yang diinginkan (halus).

Setelah melakukan pengayakan, berikutnya yaitu membersihkan pasir yang sudah diayak tadi. Pembersihan dilakukan dengan cara dicuci menggunakan air bersih (air mengalir). Pencucian sebaiknya dilakukan secara sedikit demi sedikit.

Untuk mendapatkan pasir yang bersih, ganti air pencucian dengan air bersih baru hingga pasir dirasa sudah bersih. Ciri pasir sudah bersih, yaitu air yang digunakan untuk mencuci sudah jernih dan tidak lagi keruh.

Setelah pasir dicuci, jangan lupa membuang air sisa pencucian terlebih dahulu. Setelah dibuang, masukkan pasir tadi ke dalam drum. Jika tidak ada drum dapat menggunakan tempat perebusan lain yang sesuai. Isi drum atau tempat perebusan dengan air bersih kurang lebih setengah dari ketinggian tempat perebusan tadi. Apabila pasir dan air sudah dimasukkan, lakukan perebusan hingga mendidih.

Baca Juga:  Petani Indonesia Patut Disebut Pahlawan Pangan

Tiriskan pasir yang sudah direbus tadi menggunakan sekop di atas karung. Proses ini berguna untuk memisahkan pasir dengan air sisa perebusan. Setelah pasir dan air rebusan terpisah, masukkan (pasir) kembali ke drum atau tempat penyangraian menggunakan bara api.

Untuk memperoleh media tanam pasir yang steril, pada saat menyangrai aduk-aduk dan bolak-balikan pasir menggunakan pengaduk hingga pasir menjadi kering. Ciri-ciri pasir kering atau bisa dibilang sudah steril, yaitu apabila sudah terjadi perubahan warna pasir menjadi putih kering dari awalnya basah karena proses perebusan.