Cara Menurunkan Suhu Rumah Burung Walet

Pertanianku — Suhu memberi pengaruh besar terhadap perkembangan rumah burung walet. Pasalnya, populasi bisa bertambah apabila suhu di dalam rumah walet juga memadai. Namun, bagaimana cara menurunkan suhu rumah burung walet yang panas?

cara menurunkan suhu rumah burung walet
Foto: Pixabay

Rumah walet memiliki suhu ideal, yakni sekitar 27°C—29°C. Apabila suhu sangat tinggi misalnya antara 30°C—32°C, hal ini akan mengakibatkan air liur yang diproduksi burung wallet cepat mengering. Untuk menstabilkan suhu ruangan rumah burung walet, bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti berikut ini.

Membuat ventilasi udara menggunakan pipa paralon

Loading...

Untuk mengatasi suhu panas, buatlah ventilasi udara dengan menggunakan pipa paralon yang memiliki ukuran 4 inci. Apabila ketinggian kamar sekitar 3—4 meter, pipa paralon disarankan agar dipasang dengan jarak 1 meter dari satu pipa ke pipa lainnya. Pada saat pemasangan, diharapkan melakukan dua deret antara lain pada bagian atas bisa memberi jarak sekitar 60 cm dari plafon. Di samping itu, pada bagian bawah deretan pipa diberi jarak 60 cm dari permukaan lantai.

Mengecat dinding atau tembok luar rumah burung walet

Pada daerah yang memiliki suhu antara 30°C—32°C, sangat tidak diperbolehkan apabila menggunakan cat warna hitam kecuali pada lubang masuk burung. Sebab, warna yang sangat cepat menyerap panas adalah warna hitam. Namun untuk mengatasi penyerapan intensitas cahaya dari panas matahari, kita membutuhkan cat yang memiliki warna terang seperti putih.

Hal ini merupakan kebalikan daerah yang memiliki suhu dingin. Misalnya, suhu daerah tempat dibangun gedung walet berkisar 24°C—25°C, cat warna hitam pada dinding cukup membantu untuk menstabilkan suhu.

Menebalkan lapisan tembok atau dinding rumah burung walet

Dinding yang dicor dengan ketebalan yang cukup dapat membantu menstabilkan suhu karena panas tidak terlalu cepat menyerap ke bagian dalam rumah. Namun, apabila gedung terlanjur menggunakan dinding yang tipis, cara lain yang dapat ditempuh adalah dengan menambahkan styrofoam yang memiliki ketebalan 5 cm pada dinding.

Baca Juga:  Pentingnya Biosecurity Ayam Kampung untuk Mencegah Penyakit

Membuat hujan buatan

Tahukah Anda jika hujan buatan dapat dilakukan pada gedung walet? Dengan cara pemasangan sprayer yang telah dihubungkan dengan pipa, kemudian memasangnya di bagian atas atap rumah burung walet. Cara ini dapat bekerja ketika panas matahari pada saat tengah hari. Pada waktu tersebut, sprayer bisa dinyalakan sehingga suhu ruangan dapat diatasi dengan cepat serta mudah. Cara ini cukup efektif untuk menstabilkan suhu gedung atau rumah burung walet yang panas.

Loading...
Loading...