Cara Menyembuhkan Ayam Petelur yang Ngorok

Pertanianku — Penyakit merupakan salah satu penyebab gagal panen yang harus dicegah oleh para peternak. Sebaiknya, lakukan pencegahan daripada mengobati. Pasalnya, saat mengobati Anda harus mengeluarkan biaya untuk membeli obat serta perawatan untuk menyembuhkan penyakit. Salah satu penyakit yang kerap datang adalah ngorok. Ayam petelur yang ngorok merupakan pertanda jika ayam tersebut mengalami infeksi saluran pernapasan.

ayam petelur yang ngorok
foto: pixabay

Penyakit ngorok atau chronic respiratory disease merupakan penyakit yang ditimbulkan akibat infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri Mycoplasma gallisepticum. Gejala yang tampak pada ayam yang terjangkit penyakit ini adalah ayam sering bersin, ingus keluar lewat hidung, dan terdengar bunyi ngorok saat bernapas.

Pada ayam muda, penyakit ini akan menyebabkan tubuh ayam menjadi lemah, sayap tampak terkulai, mengantuk, dan diare dengan kotoran yang berwarna hijau atau kuning keputih-putihan.

Loading...

Anda perlu mewaspadai penyakit ini karena menular melalui pernapasan dan lendir yang dikeluarkan oleh ayam yang terjangkit. Tak hanya itu, penyakit ini bisa menular dari perantara seperti alat-alat yang digunakan dalam peternakan.

Pengendalian penyakit ini bisa dilakukan secara efektif dengan melakukan pemeriksaan terhadap anak ayam yang masih berumur satu hari (DOC) dari pembibitannya. Hasil pemeriksaan yang tepat disertai dengan biosekuriti yang efektif dan pengaplikasian tata laksana pemeliharaan yang baik dapat mencegah penyakit ini timbul.

Adapun cara-cara pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan memperbaiki tata laksana kandang, melakukan sanitasi air minum yang baik, melakukan pengobatan yang tepat, dan melaksanakan biosekuriti.

Jika ayam ternak Anda sudah terjangkit, Anda bisa menanganinya dengan cara menekan kadar amonia dan debu yang ada di dalam kandang dengan melakukan perbaikan kandang, mengurangi kepadatan kandang, perhatikan tata laksana litter, serta memperbaiki ventilasi kandang dan pengaruh lingkungan.

Baca Juga:  Manfaat Beternak Sapi di Dekat Kebun Sawit

Selain itu, pemeliharaan ayam yang sudah terjangkit penyakit dapat dilakukan dengan sistem all-in-all-out.

Obat yang bisa diberikan untuk menyembuhkan ayam petelur yang ngorok adalah antibiotik. Pemberian antibiotik harus dengan dosis yang tepat sesuai dengan anjuran yang tercantum pada bagian kemasan. Pengobatan bisa dilakukan berturut-turut selama 3—5 hari dan apabila ayam masih mengorok, segera ambil ayam tersebut dan pisahkan dengan ayam yang masih sehat.

Ayam ngorok membutuhkan pengobatan khusus dengan cara dicekok menggunakan spuit yang sudah diambil jarumnya. Anda bisa lebih mudah mengidentifikasi ayam yang mengorok pada malam hari, saat ayam sedang tidur.

Loading...
Loading...