Cara Menyembuhkan Jerawat dengan Daun Pepaya Tua

Pertanianku— Jerawat merupakan salah satu gangguan yang sangat wajar terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja. Tingkat keparahannya bergantung pada penyebab serta kondisi kulit masing-masing individu. Namun, tahukah Anda, menyembuhkan jerawat bisa dengan cara alami, yakni dengan menggunakan masker daun pepaya tua.

menyembuhkan jerawat
foto: pertanianku

Daun pepaya terkenal sebagai daun yang pahit, tetapi bisa dimakan. Di balik rasanya yang pahit, daun pepaya menyimpan banyak khasiat untuk tubuh. Salah satunya, menyembuhkan jerawat.

Selain jerawat, daun pepaya bisa digunakan untuk melancarkan pencernaan, menambah nafsu makan, dan mengobati demam berdarah. Bahkan, sudah ada beberapa penelitian khasiat daun pepaya sebagai antikanker.

Pohon pepaya sangat gampang dijumpai karena tanaman ini mudah tumbuh. Bahkan, saat Anda tidak sengaja membuang biji pepaya sembarangan di pekarangan rumah, pohon pepaya dapat tumbuh dengan sendirinya.

Khasiat daun pepaya yang bisa mengatasi berbagai macam penyakit disebabkan oleh kandungan zat-zat di dalamnya. Kandungan di dalam daun pepaya berkhasiat untuk melawan berbagai sel kanker yang ada di dalam tubuh, seperti kanker payudara, serviks, hati, paru-paru, dan pankreas. Kandungan daun pepaya yang mampu mengatasi penyakit adalah sitokinin. Zat sitokinin mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga bisa melawan sel kanker.

Untuk perempuan, daun pepaya dapat memberikan vitamin dan mineral. Perasan daun pepaya yang direbus bisa digunakan untuk menyembuhkan gangguan kewanitaan, seperti keputihan, demam saat nifas, haid tidak lancar, dan melancarkan air susu ibu.

Seluruh kandungan yang ada di dalam daun pepaya bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan jerawat yang sering timbul. Daun pepaya tersebut bisa diolah menjadi masker wajah alami dengan cara yang mudah. Berikut ini bahan serta cara pembuatan masker wajah dari daun pepaya untuk menyembuhkan jerawat.

Baca Juga:  Ketahui Pengendalian Penyakit dan Hama Pohon Lengkeng Matalada

Bahan-bahan:

  • Daun pepaya yang sudah tua 2—3 lembar
  • Air 30 ml

Cara membuat:

Jemur daun pepaya sampai layu dan tumbuk hingga halus. Tambahkan air 30 ml dan aduk hingga rata.

Gunakan ramuan tersebut sebagai masker, diamkan selama beberapa menit hingga masker mengering. Selanjutnya, bilas dengan air bersih. Pastikan daun yang akan digunakan sudah dicuci terlebih dahulu.


loading...