Cara Menyiapkan Induk Buatan di Kandang Ayam

PertaniankuInduk buatan dibutuhkan untuk menggantikan fungsi induk ayam yang bisa memberikan rasa nyaman dan kehangatan untuk anak ayam yang baru saja menetas hingga umur tertentu. Secara alami, anak ayam masih memerlukan induk sebagai tempat berlindung dari perubahan udara yang ekstrem dan ancaman dari binatang lain.

induk buatan
foto: pertanianku

Anak ayam membutuhkan suhu yang stabil karena pertumbuhan bulu pada anak ayam belum sempurna sehingga anak ayam masih belum mampu menahan perubahan suhu yang drastis. Jika tidak ada induk buatan, tingkat kematian anak ayam akan tinggi. Induk buatan dibuat dengan suasana yang mirip seperti saat anak ayam yang berada bersama induknya. Berikut ini langkah untuk membuat induk buatan untuk anak ayam.

  1. Sekat ruangan kandang dengan luas seperempat dari kandang. Taburkan sekam secara merata hingga setebal 5 cm. Sekat terbuat dari bilah bambu setinggi 1 meter. Setelah itu, pasang tirai plastik transparan yang berfungsi sebagai pintu keluar masuk ke area induk buatan.
  2. Pasang seng setinggi 50 cm melingkar, diameter yang dibutuhkan harus disesuaikan dengan jumlah DOC yang akan dipelihara dan kapasitas pemanas. Lingkaran seng tersebut berfungsi untuk mengontrol kondisi DOC selama masa pera Selain itu, seng juga berfungsi untuk mengoptimalkan suhu panas di dalam induk buatan karena dapat memantulkan panas yang dipancarkan dari sumber panas. Untuk 500 DOC, diameter lingkaran sebesar 3 m.
  3. Pasang pemanas yang digantung di tengah lingkaran pelindung. Untuk menekan biaya, Anda bisa menggunakan bohlam, arang, atau batu bara yang lebih ekonomis.
  4. Pasang alas penutup sekam yang disusun berlapis minimal 6 lapis. Alas tersebut berfungsi untuk menyerap kotoran dan air minum yang tumpah. Alas bisa dibuat dari koran bekas, kertas semen, atau karung goni.
  5. Pasang termometer pada sisi ruang terjauh dari pemanas dan digantung dengan jarak 5 cm dari permukaan sekam.
Baca Juga:  Kesalahan Manajemen yang Bisa Menyebabkan Itik Sakit

Lakukan penyemprotan berkala secara merata di dalam ruang induk buatan dengan menggunakan disinfektan

Loading...
Loading...
Loading...